Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Penerima Bantuan Modal Wirausaha Baru di Kudus Masih Diverifikasi

Seorang perempuan sedang membuat adonan kue dari labu. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Koparsi dan UKM (Disnaker Perinkop UKM) Kudus masih memverifikasi bantuan modal untuk wirausaha baru. Bantuan modal itu ditargetkan cair pada Agustus 2021.

Kepala Disnaker Perinkop dan UKM Kudus, Rini Kartika Hadi Ahmawati mengatakan ada beberapa kriterian yang harus dipenuhi dalam proses verifikasi itu. Mulai dari, satu kelompok harus terdiri dari lima orang, berada di desa yang sama dan harus berbentuk kelompok tidak perorangan, serta benar-benar memiliki usaha.

Rini menjelaskan, bantuan modal usaha itu besarannya Rp 5 juta per orangnya, sehingga dalam satu kelompok bisa mendapatkan total Rp 25 juta. Jumlah itu separuh dari bantuan yang disalurkan tahun lalu, yakni setiap orangnya mendapatkan Rp 10 juta, sehingga per kelompoknya mendapatkan total Rp 50 juta.

“Sampai hari ini, (27/7/2021), kami masih memverifikasi ulang. Kami juga cek ke lapangan. Kami periksa teliti, by name by address. Target tercepat Agustus nanti sudah cair,” katanya.

Usai verifikasi, data tersebut kemudian disampaikan ke Bupati Kudus untuk menetapkan calon penerima hibah. “Jadi setelah verifikasi selesai, kami siapkan draf keputusan bupati. Karena mekanisme pencairan hibah harus ada SK bupati tentang penetapan calon penerima hibah,” sambungnya.

Menurut Rini, dari sekitar 500 wirausaha baru di 2021, didominasi UMKM jenis makanan dan minuman. Sisanya, konveksi, kerajinan dan usaha lainnya.

“Semoga dapat membantu dan memotivasi pelaku UMKM. Sehingga usahanya bisa bangkit kembali,” harapnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...