Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Bulu Tangkis Olimpiade 2020, Yoppy Rosimin: “Kalau Lima Sektor Naik Podium Semua ya Baru Sejarah”

Yoppy Rosimin, Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation.(MURIANEWS/ Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Timnas Bulu Tangkis Indonesia memenangi semua laga pembuka Olimpiade Tokyo. Beberapa media nasional menyebutkan hal itu merupakan sejarah di Olimpiade untuk pertama kalinya.

Namun bagi, Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation, Yoppy Rosimin penilaian itu dinilai agak berlebihan. Yoppy Rosimin menyatakan tetap mengapresiasi prestasi skuad bulu tangkis Indonesia di Olimpiade 2020 sejauh ini.

Kendati meraih keseluruhan kemenangan di laga pembuka, menurut Yoppy Rosimin hal itu merupakan hal biasa bagi Indonesia. Namun demikian, dirinya mempersilahkan jika ada yang menyebut hal ini adalah sebuah sejarah baru di Olimpiade, ketika semua sektor meraih kemenangan.

“Tetapi yang lebih sejarah lagi kalau kelima sektor itu bisa meraih medali semua, apapun medalinya. Tapi kalau saya pribadi inginnya emas,” katanya, Senin (26/7/2021).

Yoppy juga melanjutkan, akan lebih menjadi sejarah jika sektor tunggal putri mampu memberikan medali. Sebab, menurut Yoppy sektor tunggal putri sudah lama tidak menyumbangkan medali.

Jika kelima sektor mampu naik ke podium, menurutnya hal itu jauh lebih memiliki makna. Hal ini jika didasarkan dari sejarah dan reputasi Indonesia sebagai salah satu negara raksasa bulu tangkis.

“Babak pertama cemerlang semua sektor menang itu oke. Tetapi kalau nanti di babak akhir justru tidak dapat medali ya jadi tidak oke. Sebaliknya kalau startnya tidak bagus, tetapi terakhirnya bisa naik podium, nah itu oke,” terang Yoppy.

Yoppy mengimbau agar skuad bulu tangkis Indonesia bisa terus melaju step by step. Pihaknya berharap, para pemain mampu menjaga kesehatan dan kondisi mereka.

“Karena kalau kesehatan menurun dan didiskualifikasi itu eman-eman. Jangan sampai pengalaman di All England kemarin terjadi,” imbuhnya.

Termasuk semua kemenangan di lima sektor pada laga perdana Olimpiade. Kelima sektor yang diikuti skuad bulu tangkis Indonesia sendiri adalah tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran.

Di hari pertama pertandingan, Sabtu (24/7/2021) lalu, ganda putri Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu meraih kemenangan usai mengalahkan Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean. Kemudian di sektor tunggal putra, Jonatan Christie memetik kemenangan atas pebulu tangkis Suriah yang tergabung di Tim Pengungsi Olimpiade (ROT), Aram Mahmoud.

Lalu, di sektor ganda campuran, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti mengemas kemenangan saat menghadapi Simon Leung/Gronya Somerville dari Australia.

Sedangkan di sektor ganda putra, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi menang atas ganda putra Inggris Ben Lane/Sean Vendy. Sementara pasangan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan berhasil mengalahkan pasangan asal Kanada Jason Ho-Shue/Nyl Yakura.

Berlanjut di sektor tunggal putri, pebulu tangkis Indonesia Gregoria Mariska Tunjung juga berhasil mengalahkan pebulu tangkis asal Myanmar Thuzar Thet Htar. Torehan positif juga diukir oleh Anthony Sinisuka Ginting yang berhasil menang atas pebulu tangkis Hungaria, Gergely Krausz.

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Budi erje

Comments
Loading...