Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

TNI-Polri dan Satpol PP Diminta Ikut Awasi Aturan Makan 20 Menit

Mendagri Tito Karnavian. (Dok. Sekretariat Presiden)

MURIANEWS, Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta Satpol PP dibanti TNI-Polri melakukan pengawasan pembatasan makan maksimal 20 menit di warung atau tempat makan sejenis di daerah PPKM level 4.

“Kita harapkan juga ada pengawas dari Satpol PP dibantu TNI dan Polri untuk memastikan bahwa aturan ini bisa tegak,” kata Tito dalam konferensi pers yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Senin (26/7/2021).

Meski begitu, Tito mengingatkan agar dalam pengawasannya tidak perlu menggunakan kekuatan yang berlebihan dalam penegakan protokol kesehatan itu. Cara-cara persuasif dan bersifat pencegahan serta sosialisasi diharapkan menjadi langkah utama yang dilakukan.

“Dengan cara-cara yang santun dan tidak menggunakan kekuatan yang berlebihan atau excessive use of force yang kontradiktif,” ujarnya.

Waktu 20 menit menurut Tito, cukup bagi seseorang makan di warung atau tempat sejenis. Aturan itu dibuat untuk mencegah terjadinya penumpukan orang.

Tak hanya itu, masyarakat juga diminta tidak berinteraksi atau mengobrol, apalagi tertawa keras. Sebab, itu akan menyebabkan doplet atau aerosol berterbaran, sehingga menyebabkan rawan penularan.

“Mungkin kedengaran lucu, tapi di luar negeri, di beberapa negara lain sudah lama diberlakukan itu. Jadi makan tanpa banyak bicara dan kemudian 20 menit cukup, setelah itu memberikan giliran kepada anggota masyarakat yang lain,” ucap Tito.

Tito meminta baik masyarakat dan pelaku usaha memahami serta mematuhi aturan itu. Ia mengatakan, hal ini semata-mata untuk mencegah penularan virus corona.

Diketahui, PPKM Level 4 diperpanjang selama 8 hari, terhitung sejak 26 Juli hingga 2 Agustus 2021. Namun demikian, terdapat beberapa perubahan aturan, salah satunya pembukaan warung makan dan lapak jajanan.

Baca Juga: PPKM Level 4 Dilanjutkan, Presiden Minta Masyarakat Tetap Waspada

 

Reporter: Zulkifli Fahmi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...