Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Sembilan Napi Lapas Pati Terpapar Covid-19

Ilustrasi (Pixabay)

MURIANEWS, Pati- Sebanyak sembilan narapidana (napi) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Pati terpapar Covid-19. Mereka pun langsung dilakukan isolasi terpusat di tempat yang sudah disediakan oleh Lapas.

Kepala Seksi (Kasi) Perawatan Lapas Kelas IIB Pati Resi mengatakan, sebelumnya pada Sabtu (24/7/2021) telah dilakukan swab antigen kepada seluruh warga binaan. Kemudian hasilnya, sembilan orang dinyatakan positif dan langsung diisolasi terpusat.

“Delapan orang kami isolasi terpusat di lapas. Tetapi untuk satu orang terpaksa harus diisolasi di RSUD Soewondo karena mempunyai penyakit penyarta,” katanya, Senin (26/7/2021).

Sebenarnya, lanjut Resi, kecurigaan bahwa ada napi terpapar Covid-19 muncul sejak 10 Juli lalu. Setelah itu, pihaknya kemudian berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) untuk dilakukan pemeriksaan, sehingga ditemukan ada sembilan yang positif.

Saat ini, mereka tengah menjalani isolasi dan dalam pengawasan oleh petugas. Kemudian untuk kebutuhan vitamin maupun logistik juga disediakan oleh pihak lapas.

“Untuk kondisinya sekarang sudah membaik, setelah menjalani isolasi mandiri, dan kami lakukan pengawasan dengan ketat bersama dengan KPLP, serta dengan memberikan vitamin dan makanan yang bergizi,”Katanya.

Dalam waktu dekat, pihaknya juga merencanakan untuk melakukan swab tahap kedua setelah 14 hari menjalani isolasi. Apabila hasilnya negatif, maka mereka akan dikembalikan ke ruang tahanan seperti semula. Namun, apabila masih ada yang positif, maka akan tetap dilakukan isolasi.

“Untuk swab kedua belum dilakukan, karena kami sedang mengajukan permohonan untuk vaksin, yang bekerja sama dengan TNI/Polri, dan sesuai rencana akan dilaksanakan pada 7 Agustus 2021 mendatang,” imbuhnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...