Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Hartopo Sayangkan Penetapan Kudus yang Masih PPKM Level 4 Meski Kasus Turun Drastis

HM Hartopo, Bupati Kudus. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Bupati Kudus HM Hartopo menyayangkan status Kabupaten Kudus yang kembali ditetapkan masuk wilayah yang harus menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 hingga 2 Agustus 2021 mendatang.

Keputusan tersebut tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 24 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4 dan Level 3 Corona Virus Disease 2019 di wilayah Jawa dan Bali.

“Padahal seperti kita tahu jika semua unsur di Kabupaten Kudus dan pihak lain terus berupaya menekan angka penularan, hingga akhirnya menurun seperti sekarang. Ini yang agak disayangkan,” kata Bupati Hartopo di sela sambutannya saat menyerahkan bantuan sembako dari PT Pura, Senin (26/7/2021).

Dari laman Kudus Tanggap Covid-19, tercatat hingga Minggu (25/7/2021) jumlah kasus Covid-19 di Kudus tercatat sebanyak 255 kasus. Terdiri dari 80 pasien dirawat, dan sisanya isolasi mandiri.

Jumlah ini mengalami penurunan jauh dibanding Juni lalu di mana puncaknya mencapai angka dua ribu lebih kasus aktif.

Hartopo mengatakan, berdasar indikator dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, yakni jumlah pasien, angka kematian, dan keterisian rumah sakit, Kabupaten Kudus seharusnya berada di level 2 PPKM.

“Dari Pak Luhut itu sebenarnya sudah bisa masuk level dua, karena jumlah pasien ya rendah, penambahan kasus kematian ya sedikit sekali, keterisian rumah sakit apalagi,” katanya.

Baca: Daerah Level 4 di Jateng Bertambah

Oleh karena itu menurutnya, pihaknya akan berupaya memberikan sejumlah kelonggaran dalam pelaksanaan PPKM Level 4 ini. Mulai dari mengizinkan makan di tempat hingga memperbolehkan sektor nonbahan pokok buka kembali.

Sementara untuk penyekatan jalan, Hartopo mengatakan akan berkoordinasi dengan unsur pimpinan daerah untuk mencari jalan yang terbaik.

“Kami memohon maaf atas ketidak nyamanannya kemarin karena ada penyekatan, itu semua karena demi menurunkan angka kasus yang saat ini juga berhasil,” jelas dia.

Diketahui, PPKM Level 4 sendiri diperpanjang hingga 2 Agustus mendatang. Sejak PPKM bernama PPKM Darurat sendiri, Kudus selalu berada di daerah level 4.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...