Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Di Olimpiade 2020 Tokyo, Tim Basket AS Kalah Untuk Pertama Kalinya Sejak 17 Tahun Terakhir

Pebasket Prancis, Evan Fournier menjadi bintang saat timnya mengalahkan Tim Basket AS. (Instagra,/@Evan Fournier )

MURIANEWS, Tokyo- Bola Basket tampaknya bukan lagi menjadi dominasi Amerika Serikat (AS). Di Olimpiade 2020 Tokyo, untuk pertama kalinya Tim Basket AS mengalami kekalahan. Ini terjadi sejak 17 tahun terakhir.

Tim Basket AS dalam beberapa Olimpiade adalah ‘raja’ yang selalu mendominasi. Namun di Tokyo 2020, mereka dikejutkan saat dihajar Prancis dengan skore 83-76. Hal itu terjadi di pertandingan pertama cabang Basket, Minggu (25/7/2021).

Kekalahan Kevin Durant dkk oleh Tim Prancis ini merupakan yang pertama kali terjadi di arena Olimpiade, sejak 17 tahun terakhir. Sebuah kekalahan yang mengejutkan dan sekaligus sangat mengecewakan mereka.

Tim Basket AS selama ini selalu meraih medali emas di arena Olimpiade sebanyak enam kali, dari tujuh Olimpiade terakhir. Hanya di Olimpiade Yunani 2004 mereka gagal meraih emas, di saat mereka selalu disebut memiliki “The Dream Tim Basket”.

Mereka mulai menguasai dunia basket sejak Michael Jordan berhasil memimpin rekan-rekannya meraih medali emas di Olimpiade Barcelona 1992. Prestasi itu berlanjut di Olimpiade 1996 di Barcelona, Olimpiade Sidney 2000, Olimpiade Beijing 2008, hingga Olimpiade 2016 di Rio Brasil.

Menghadapi Olimpiade 2020, anak-anak asuhan Gregg Popovich memang tidak menunjukan kesiapan sepeti tim Basket AS terdahulu. Mereka tercatat menelan kekalahan dua kali dalam ujicoba sebelum ke Tokyo.

Pada pertandingan Minggu (25/7/2021) melawan Prancis, sebelumnya AS sempat memimpin 74-67. Namun dalam waktu kurang 4 menit yang pemain Prancis Evan Fournier mempora-porandakan permainan AS.

Pemain Prancis ini berhasil membawa timnya mencetak 14 poin dalam waktu kurang empat menit. Prancis sendiri akhirnya mampu mencetak 28 poin untuk akhirnya meraih kemenangan dari Tim Basket AS.

Kekalahan ini memicu komentar negative dari para penggemar basket di AS. Mereka mengecam penampilan buruk tim nasionalnya. Tim AS sendiri masih akan bertanding pada Rabu (28/7/2021) melawan Iran, sebelum menghadapi Ceko di akhir pekan nanti.

Penulis: Budi erje
Editor: Budi erje
Sumber: The Sun

Comments
Loading...