Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

578 Anak di Kota Semarang Terpapar Covid-19 Selama Pandemi, Lima di Antaranya Meninggal

Ilustrasi klaster Covid-19 di lingkungan keluarga. (Freepik)

MURIANEWS, Semarang – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Semarang mencatat ada 578 anak di Kota Semarang yang terpapar Covid-19 selama pandemi berlangsung. Dari jumlah tersebut lima di antaranya meninggal dunia.

Kepala DP3A Kota Semarang, M Khadik menjelaskan, pada awal pandemi kasus Covid-19 lebih banyak terjadi kepada usia dewasa dan lansia.

Namun seiring berjalannya waktu, di Kota Semarang, tercatat sudah ada 578 anak terpapar Covid-19 dan lima di antaranya meninggal dunia.

“Kalau melihat kasusnya memang cukup besar, tapi akhir-akhir ini Kota Semarang sejak PPKM darurat sudah semakin menurun. Kami berharap akan terus menurun,” ucap Khadik seperti dikutip Beritajateng.net, Jumat (23/7/2021).

Saat ini, lanjutnya, Pemkot Semarang sudah berupaya secara maksimal menyediakan tempat isolasi hingga tingkat RT. Dengan adanya tempat itu, anak-anak yang terpapar Covid-19 bisa memanfaatkan fasilitas tersebut untuk menjalani isolasi.

“Pemkot melalui DP3A selalu memberi penguatan langsung agar anak-anak tangguh dalam menghadapi covid-19,” ujar Khadik.

Khadik menegaskan, bagi anak-anak yang terkonfirmasi Covid-19, peran orang tua mendampingi dan menyuport ketika anak-anak terpapar covid-19 sangat penting.

“Banyak kasus anak-anak yang terpapar melakukan isolasi di tempat karantina dengan di rumah sendiri justru tingkat kesembuhannya lebih cepat di rumah sendiri,” ungkapnya.

Ia pun berharap, kondisi pandemi bisa digunakan orang tua untuk mempererat hubungan kekeluargaan antara orang tua dan anak.

“Jangan sampai pandemi ini membuat anak hanya bergantung gadget, orang tua harus melakukan pendekatan misal dengan permainan tradisional seperti dakon, gangsingan, bola bekel dan sebagainya,” tambahnya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Beritajateng.net

Comments
Loading...