Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Satgas Covid-19 Pastikan Jepara Sudah Kembali ke Zona Oranye

Pasien Covid-19 di RSUD RA Kartini Jepara dirawat dan diberi oksigen. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Menurunnya angka kasus Covid-19 di Kabupaten Jepara menjadikan wilayah ini kembali ke zona oranye. Namun, di laman corona.jepara.go.id, status zonasinya masih merah dengan risiko penularan tinggi.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Jepara Muh Ali mengatakan, memang ada perbedaan data antara Jepara dan nasional. Sedangkan, data yang menyebabkan status zona merah adalah data dari pusat.

“Kita sudah zona oranye. (Status zona merah, red) karena pakai sistem nasional. Kemungkinan ada input data yang tidak masuk. Sehingga datanya tidak sinkron. Dan kita tidak punya akses untuk mengecek itu,” kata Muh Ali, Jumat (23/7/2021).

Ia memastikan, Kabupaten Jepara sudah masuk zona oranye dengan status sedang. Data itu sesuai dengan Provinsi Jawa Tengah.

Untuk itu, Muh Aili sudah berkomunikasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Jepara. Sehingga, kesalahan rilis status penyebaran Covid-19 tidak menimbulkan kesimpangsiuran informasi.

Pihaknya menambahkan, selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat lalu, awalnya kasus Covid-19 di Jepara menyentuh angka 1.686 kasus. Namun, sekarang kasusnya tinggal 598.

Setidaknya butuh waktu tiga pekan untuk menurunkan 900 angka atau 60 persen dari kasus di awal PPKM Darurat. “Menurut saya ini cepat. Semoga seterusnya menurun,” jelas Muh Ali.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...