Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

40 Ribu Lebih Petani di Kudus Telah Miliki Kartu Tani

Kartu Tani. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Dinas Pertanian dan Pangan  (DPP) Kabupaten Kudus mencatat sudah ada sebanyak 40.511 petani di Kota Kretek yang telah memiliki Kartu Tani. Sementara jumlah petani di kabupaten ini tercatat sebanyak 46.167 orang, di sembilan kecamatan.

“Jika dihitung secara persentase ada sekitar 88 persen yang memiliki Kartu Tani. Itu data per 1 Juli lalu. Sebenarnya, Kartu Tani yang sudah jadi sebanyak 44.136 keping, tapi yang sudah terdistribusi sejumlah tersebut,” kata kata Kepala DPP Kabupaten Kudus Sunardi, Jumat (23/7/2021).

Walau demikian, Nardi mengatakan jika jumlah petani yang telah mengurus Kartu Tani dan telah mengunggah data di basis data petani sudah mencapai 44.585 petani. Sehingga jumlah yang belum mengurus ada sebanyak 1.582 orang saja.

“Data tersebut kami lihat dari jumlah petani yang terdafar di elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK),” jelas dia.

Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus meminta semua petani yang belum memiliki Kartu Tani, untuk segera bergabung dalam kelompok tani. Untuk kemudian bisa memperoleh akses pembuatan Kartu Tani dan pengumpulan syarat administrasi

Setelah persyaratan administrasi terpenuhi, petani akan dimasukkan ke dalam Sistem Informasi Pertanian Indonesia (SINPI), untuk kemudian bisa mendapat Kartu Tani selang sebulan setengah terhitung sejak pendaftaran.

Kartu Tani ditujukan sebagai sarana distribusi pupuk bersubsidi dan menghindari kelangkaan pupuk.

Untuk mendukung hal tersebut, setiap Balai Penyuluh Pertanian (BPP) di sembilan kecamatan kini sudah dijadikan posko pelayanan Kartu Tani.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...