Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Subsidi Gaji Pekerja di Wilayah PPKM Level 4, BPJS Ketenagakerjaan Kudus Tunggu Regulasi

ILUSTRASI: Warga menunjukkan pecahan uang rupiah. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah akan memberikan bantuan subsidi upah (BSU) atau subsidi gaji kepada para pekerja di wilayah yang menerapkan PPKM level 4. Kabupaten Kudus sendiri masuk dalam wilayah yang menerapkan PPKM level 4 ini, sehingga pekerja di Kudus bisa mendapatkan subdisi gaji.

Namun hingga Kamis (22/7/2021) BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kudus mengaku belum mendapatkan regulasi mengenai hal ini.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kudus Multanti membenarkan jika Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) sudah menjelaskan via Zoom Meeting perihal adanya BSU tahun ini. Namun, hingga hari ini pihaknya masih menunggu mekanismenya.

“Dari Kemenaker memang akan memberikan BSU. Tetapi untuk Kudus sendiri kami belum dapat regulasi teknisnya. Nanti kalau sudah ada akan kami sampaikan ke publik,” katanya kepada MURIANEWS, Kamis (22/7/2021).

Menurutnya, BSU merupakan bantuan kepada karyawan yang terdampak pandemi. Ia juga mengakui belum tahu secara pasti kapan BSU akan mulai.

“BSU untuk Kudus apakah dimulai Agustus atau kapan saya belum tahu. Masih menunggu regulasi teknisnya nanti,” jelasnya.

Multanti menjelaskan, pihaknya akan langsung menginfokan kepada publik setelah teknis penerima BSU didapatkannya.

Sementara itu, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan, kebijakan BSU dikeluarkan untuk mencegah adanya PHK, serta membantu pekerja yang dirumahkan.

“Adanya BSU juga diharapkan mampu membantu meringankan beban pengusaha untuk dapat mempertahankan usahanya di masa pandemi Covid-19,” kata Menaker Ida melalui Siaran Pers Biro Humas yang dikutip dari website resmi Kementerian Tenaga Kerja.

Jumlah calon penerima BSU diestimasi mencapai kurang lebih 8 juta orang dengan kebutuhan anggaran sebesar Rp 8 triliun. Besaran BSU yang diberikan kepada pekerja/buruh sebesar Rp 1 juta diberikan sekaligus melalui transfer bank.

Kriteria calon penerima di antaranya adalah masih terdaftar aktif di BPJS Ketenagakerjaan, serta memiliki gaji di bawah Rp 3,5 juta.

Secara rinci nantinya menurut Menaker, BSU akan diatur dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) yang menetapkan Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah Berupa Subsidi Upah/Upah Bagi Pekerja Buruh Dalam Penanganan Dampak Corona Virus Disease (Covid-19) dan PPKM Tahun 2021.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...