Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Masih Ada Lowongan Kosong Pelamar, Peminat CPNS dan PPPK Nonguru di Kudus Minim

Ilustrasi (asn.id)

MURIANEWS, Kudus – Jumlah pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan tenaga Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) nonguru di Kabupaten Kudus hingga kini baru mencapai 980 orang saja. Dengan rincian, 832 pelamar CPNS dan 148 pelamar PPPK nonguru.

Jumlah tersebut menurun drastis dibandingkan pelamar CPNS tahun lalu yang mencapai sebanyak 7.689 orang.

“Jika dibanding tahun kemarin sangat jelas menurunnya, ya karena formasi yang dibuka memang hanya sedikit,” kata Kabid Pengembangan, Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kudus Hendro Muswinda, Kamis (22/7/2021).

Untuk lowongan CPNS saja, kata Hendro, dari 22 formasi yang dibuka, masih ada satu lowongan yang masih belum ada pelamarnya.

Yakni penyuluh keluarga prasejahtera dan keluarga sejahtera untuk formasi disabilitas. “Sampai saat ini belum ada pelamarnya,” ujarnya.

Sementara pada lowongan PPPK nonguru, lanjut dia, ada beberapa lowongan yang masih kosong peminatnya. Di antaranya, teknisi transfusi darah, terapis wicara, dan administrator kesehatan.

“Jadi memang ada yang ramai peminat ada juga yang minim peminat. Untuk PPPK guru kami belum bisa memantau, karena memang terhubung langsung ke Kemendikbud,” kata dia.

Pendaftaran CPNS sendiri, tambah dia, kini diperpanjang hingga 26 Juli 2021 mendatang. Oleh karena itu pihaknya mengimbau kepada para calon pelamar untuk segera mengumpulkan berkas pendaftaran sesegera mungkin.

Untuk diketahui, Pemerintah Kabupaten Kudus mendapat alokasi formasi PPPK dan CPNS dari pemerintah pusat sebanyak 496 lowongan. Rinciannya, adalah sebanyak 474 tenaga PPPK dan 22 lowongan CPNS.

Untuk tenaga PPPK terdiri dari 415 guru, kemudian tenaga kesehatan sebanyak 49 lowongan, dan tenaga teknis sebanyak sepuluh orang.

Sementara untuk lowongan CPNS, terdiri dari lima lowongan tenaga kesehatan dan 17 lowongan tenaga teknis.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...