Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Tambahan Bantuan Sosial di Jepara Belum Jelas

Salah seorang penerima BST dari Kemensos saat mengambil uang di Kantor Pos Jepara, beberapa waktu lalu. (MURIANEWS/Budi Erje)

MURIANEWS, Jepara – Presiden Joko Widodo mengumumkan sejumlah jenis bantuan akan digelontorkan selama masa PPKM terbaru ini. Namun, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara masih belum mendapatkan petunjuk teknis (juknis) terkait bantuan itu.

Diketahui, jenis-jenis bantuan sosial yang ditambah oleh pemerintah pusat antara lain Bantuan Sosial Tunai (BST), Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, dan beras 10 kilogram.

Kabid Rehabilitasi dan Perlindungan Sosial pada Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsospermades), Ferry Yudha Adi Dharma, mengatakan hingga kini belum ada juknis yang sampai ke pihaknya.

“Direncanakan seperti itu. Tapi sampai sekarang belum ada juknis ke Dinsospermades. Jadwal dan lain sebagainya kami belum menerima,” kata Ferry, Kamis (22/7/2021).

Dijelaskan, sejauh ini yang masih berjalan adalah bantuan-bantuan reguler. Seperti PKH, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan BST.

Ferry menjelaskan, salah satu sumber bantuan yang sudah jelas adalah penambahan beras 10 kilogram dari Bulog. Beras itu rencananya akan diberikan kepada keluarga penerima manfaat (KPM) PKH dan BPNT.

“Nanti akan diberikan kepada KPM PKH dan BPNT. Beras 10 kilogram dari Bulog. Tapi belum ada juknisnya,” sebut Ferry.

Ferry menyebut, jumlah penerima BST hingga bulan Juni lalu masih di sekitar angka 24 ribu. Sedangkan untuk KPM PKH masih sekitar 51 ribu penerima.

Khusus PKH, jumlah anggota sewaktu-waktu bisa bertambah atau berkurang. Itu tergantung pada graduasi dari KPM yang sudah terdaftar.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...