Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Cacing Hati Ditemukan di Sejumlah Daging Kurban di Jepara

Penampakan salah satu organ dalam hewan kurban di Jepara yang mengandung cacing hati. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Jepara mendapati cacing hati pada hewan yang telah dikurban. Petugas langsung memusnahkan bagian daging yang mengandung cacing hati tersebut.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKPP Jepara Mudhofir, Kamis (22/7/2021). Pihaknya menyebut telah menemukan empat lokasi tempat kurban yang ditemukan cacing hati.

Pada hari pertama, pihaknya menemukan sapi mengandung cacing hati di rumah pemotongan hewan (RPH) Kota Jepara. Kemudian di hari kedua, pihaknya mendapatkan lagi di Masjid Al Falah Margoyoso dan Masjid Taqwa Purwogondo Kecamatan Kalinyamatan.

Tak hanya itu, sapi kurban mengandung cacing hati juga ditemukan di Masjid Baiturrohman Srobyong, Kecamatan Mlonggo.

“Kalau cacing hati memang tidak bisa dicek atau dideteksi sebelum dipotong. Setelah dipotong baru ketahuan,” kata Mudhofir.

Setelah mendapati cacing hati, lanjut Mudhofir, petugas langsung memusnahkan hati dan bagian tubuh hewan yang terjangkit. Terutama ketika cacing sudah menyebar ke berbagai bagian.

“Kalau dikonsumsi dan tidak matang, telurnya akan berkembang di organ tubuh manusia. Bahaya. Sebenarnya memang bahaya,” jelas dia.

Untuk itu, pihaknya masih akan terus memantau kurban di Jepara. Hari ini, pihaknya mengawasi penyembelihan hewan kurban di RPH Kota Jepara. Namun, belum ditemukan daging yang mengandung cacing hati.

“Kami petugas menyebar terus ini. Ini kami mengedukasi supaya masyarakat tidak salah konsumsi daging kurban,” imbuh Mudhofir.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...