Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Stok Darah di PMI Kudus Menipis, Golongan Darah O Kosong

Masyarakat melakukan donor darah belum lama ini. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Persediaan stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kudus mulai menipis, Kamis (22/7/2021). Secara keseluruhan, stok darah yang tersedia kurang dari seratus kantong.

Bahkan, stok golongan darah O kosong. Humas Unit Donor Darah (UDD) PMI Kudus Praptiningsih membenarkan stok golongan darah O sedang tidak tersedia.

Ia merincikan, untuk stok golongan darah yang paling banyak yakni golongan darah A ada sebanyak 49 kantong.

Kemudian, stok golongan darah B ada 36 kantong, dan golongan darah AB sebanyak delapan kantong. “Semua stok darah yang tersedia jenis darah WB/PRC,” ucapnya.

Minimnya stok darah yang dimiliki disebabkan lantaran saat ini PMI Kabupaten Kudus tidak bisa melakukan pelayanan donor darah di tempat-tempat umum. Sebab, masih dalam masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Hampir seluruh PMI stok darahnya menipis.  PPKM memang berpengaruh, kami tidak bisa melakukan pelayanan donor darah di luar. Sementara waktu kami memaksimalkan layanan donor darah di Kantor PMI Kudus,” ujarnya.

Pihaknya pun mengajak masyarakat untuk bisa mendonorkan darahnya langsung ke Kantor PMI Kudus. Pihaknya juga sudah berupaya memaksimalkan dan mengajak masyarakat untuk mendonor dengan memberitahukan melalui SMS gateway.

“Setiap harinya kami selalu buka dan layani donor darah dengan protokol kesehatan ketat. Mulai pukul 07.00-21.00 WIB,” pungkasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...