Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Akhirnya, TKA Dilarang Masuk Indonesia

Menkumham Yassona Laoly. (Youtube/PerekonomianRI)

MURIANEWS, Jakarta – Pemerintah Republik Indonesia akhirnya melarang tenaga kerja asing (TKA) masuk ke dalam negeri selama PPKM level 4. Isu masuknya TKA sebelumnya ramai diprotes berbagai kalangan.

Pembatasan TKA masuk Indonesia itu merupakan bagian dari Permenkumham Nomor 27 tahun 2021 tentang Pembatasan Orang Asing Masuk ke Wilayah Indonesia. Permenkumham ini sekaligus menggantikan Permenkumham Nomor 26 Tahun 2020 tentang Visa dan Izin Tinggal dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru.

“Dengan demikian, tenaga kerja asing yang sebelumnya datang sebagai bagian dari proyek strategis nasional atau dengan alasan penyatuan keluarga, kini tidak bisa lagi masuk ke Indonesia,” kata Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly dalam keterangan pers via YouTube PerekonomianRI, Rabu (21/7/2021) malam.

Yasonna mengatakan, pembatasan orang asing masuk ke Indonesia ini dilakukan untuk menekan penyebaran Covid-19. Pembatasan itu dilakukan sembari menunggu arahan Presiden selanjutnya.

”Kami akan melihat kelonggaran berikutnya, tergantung pada situasi. Sementara ini, kami batasi pekerja asing kecuali 5 kategori di atas,” ujar Yasonna.

Adapun lima kategori yang dikecualikan, yakni orang asing pemegang visa diplomatik dan visa dinas, pemegang izin tinggal diplomatik dan visa dinas, pemegang izin tinggal terbatas dan tinggal tetap, dengan tujuan kesehatan dan kemanusiaan, serta awak alat angkut baik darat, udara, dan laut.

“Orang asing yang tergolong pengecualian dalam Permenkumham tersebut juga membutuhkan rekomendasi kementrian/lembaga terkait serta memenuhi protokol kesehatan seperti ketentuan sebelumnya,” katanya.

Aturan itu berlaku mulai 21 Juli 2021. Namun Yasonna kemudian berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri pimpinan Retno LP Marsudi. Maka diputuskanlah masa transisi dua hari.

“Dispensasi transisi dua hari, karena baru hari ini kami umumkan secara resmi,” tuturnya.

Menjawab pertanyaan, kenapa baru sekarang melarang TKA masuk saat pandemi COVID-19? Yasonna menjelaskan, ini adalah kebijakan hasil penyerapan aspirasi masyarakat. Evaluasi atas aspirasi barulah membuahkan kebijakan terbaru itu.

“Sekarang ini kami evaluasi kembali dan ada masukan-masukan dari masyarakat,” ujarnya.

 

Penulis: Zulkifli Fahmi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...