Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Warga Desa Terpencil di Grobogan dapat Sapi Kurban dari Presiden Jokowi

Bupati Grobogan Sri Sumarni secara simbolis menyerahkan sapi kurban dari Presiden Joko Widodo di Desa Karanganyar, Kecamatan Geyer. (MURIANEWS/Dani Agus)

MURIANEWS, Grobogan – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyalurkan satu ekor sapi kurban di Desa Karanganyar, Kecamatan Geyer, Grobogan. Desa Karanganyar ini merupakan salah satu desa terpencil di Grobogan yang wilayahnya berbatasan dengan Kabupaten Sragen.

Sapi kurban dari Jokowi berjenis peranakan ongole dengan bobot sekitar satu ton itu diserahkan secara simbolis oleh Bupati Grobogan Sri Sumarni kepada Takmir Masjid Baitul Muslimin Desa Karanganyar, Mashudi, Rabu (21/7/2021).

Usai penyerahan, sapi kurban tersebut langsung dipotong oleh petugas. Adanya sapi kurban dari presiden itu tak ayal disambut gembira warga setempat.

Menurut Sri Sumarni mengatakan, Desa Karanganyar menjadi satu-satunya wilayah di Jawa Tengah yang mendapatkan bantuan sapi dari Jokowi. “Untuk setiap provinsi hanya dapat penyaluran satu hewan kurban,” ujar Sri pada wartawan.

Sebelumnya ada tiga desa di tiga kecamatan yang diajukan untuk menerima penyaluran hewan Grobogan. Yakni, desa di Kecamatan Gabus, Kedungjati dan Geyer.

“Setelah disurvei, akhirnya ditetapkan jika Desa Karangranyar, Kecamatan Geyer yang menerima penyaluran sapi kurban ini. Untuk desa penerima penyaluran sapi kurban ada beberapa kriteria. Antara lain, desa tertinggal, warganya jarang mengkonsumsi daging, serta dihuni warga kurang mampu,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jateng Lalu Muhamad Syafriadi menambahkan, sapi kurban dari presiden ini didatangkan dari Rembang. Sapi ini merupakan salah satu sumber daya genetik hewan (SDGH) di Jateng yang telah ditetapkan melalui SK Menteri Pertanian.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...