Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Hobinya Rebahan Malah Dapat Beasiswa di Korea, Gimana Ceritanya?

Malikah Najibah dan orang tuanya saat wisuda di ITB. (Instagram/@malikahnajibah)

MURIANEWS, Jakarta – Hobi rebahan biasanya mendapatkan stigma sebagai orang pemalas. Tapi siapa sangka, dari hobi rebahan aja, bisa mendapatkan beasiswa di Korea. Pengalaman itu dialami Malikah Najibah, wanita muda lulusan ITB.

Lulusan Teknik Kimia, FTI ITB itu mendadak viral di media sosial. Bahkan, video kelulusannya di 2019, kembali viral karena diunggah sebuah kanal YouTube.

Dalam video wisuda kelulusannya itu, rektor membaca kesan mahasiswa dan mahasiswi selama perkuliahan di ITB. Kesan dan pesan Malikah saat itu terpilih untuk dibacakan. Tiba giliran hobinya disebut, sontak semua wisudawan dan tamu undangan tertawa.

“Hobi, singkat nih hobinya, rebahan,” kata rektor ITB membacakan biodata singkat Malikah, dilansir kanal YouTube Mas langgeng.

“Kesan dan prestasi belajar. SD enggak belajar bisa ranking satu, SMP tetap enggak belajar tapi bisa ranking satu, SMA belajar dikit eh ranking satu juga. ITB belajar sampai ubun-ubun mendidih, tetap enggak bisa ranking satu,” lanjutnya.

Meski hobi rebahan, rupanya Malikah berprestasi dan lulus dengan predikat cum laude lho. Bahkan, Malikah kemudian menjadi mahasiswi S2 di Korea Institute of Science and Technology (KIST) dengan beasiswa penuh. Dilansir haibunda.com, rupaya gadis berparas cantik ini mantap mendaftar sebagai mahasiswa S3 pada lima minggu lalu.

Malikah menceritakan, jalan yang ditempuh untuk bisa berkuliah di jurusan teknik kimia tidak lah mudah. Unutk bisa masuk di jurusan itu rumahnya datang dari kedua orang tuanya. Dalam foto wisudanya di Instagram, Malikah memberikan caption bernada ucapan terimakasih pada orang tuanya.

“Aku tau, pertanyaan ‘Anak perempuannya kuliah dimana?’ akan sangat keren jika dijawab ‘Kedokteran’. Aku tahu, susah untuk menjelaskan apa itu Fakultas Teknologi Industri ke orang-orang awam di sekitar rumah,” tulisnya.

“Terlebih jika muncul celetukan polos seperti ‘ITB itu yang di Bogor kan ya?’, atau beberapa orang yang beranggapan ‘Anak gadis kok kuliah di teknik sih?’,” tulisnya.

Ternyata, sejak SMP, Malikah memiliki impian masuk ke jurusan teknik. Impiannya itu diakui Malikah hasil program Laptop si Unyil dari salah satu televisi swasta yang ditontonya sepulang sekolah. Saat itu, menceritakan tentang dunia industri.

 

Penulis: Zulkifli Fahmi
Editor: Zulkifli Fahmi
Sumber: Haibunda.com

Comments
Loading...