Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Dapur Harus Ngebul, Pedagang Taman Bojana Kudus Mulai Buka Warung Meski PPKM Berlanjut

Pedagang kuliner Taman Bojana Kudus mulai buka kembali, Rabu (21/7/2021). (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Pedagang Taman Bojana Kudus memilih sudah tutup sejak Kamis (8/7/2021) lalu seiring diberlakukannya PPKM Darurat. Rabu (21/7/2021) pedagang kuliner Taman Bojana Kudus memilih kembali buka, meski kebijakan terkait PPKM masih berlanjut.

Kabupaten Kudus sendiri kini masuk dalam daerah yang wajib menerapkan PPKM Darurat level 4, di mana kebijakannya tak berbeda dengan PPKM Darurat.

Awalnya pada pedagang Taman Bojana memilih tutup berjemaah lantaran sepinya pengunjung. Hal ini merupakan imbas dari kebijakan penyekatan jalan menuju Alun-Alun Kudus dan larangan makan di tempat dalam PPKM Darurat

Pengamatan MURIANEWS, hari ini beberapa warung kuliner di Taman Bojana sudah buka, meski beberapa di antaranya masih ada yang tutup.

Zaenal, salah satu pedagang kuliner Taman Bojana salah satu yang memilih kembali buka warung. Menurutnya dapur di rumahnya perlu ngebul. Terlebih, dia sudah dua pekan tidak berjualan.

“Karena dua pekan sudah tidak kerja. Sementara dapur kami harus ngebul. Akhirnya mulai hari ini kami buka kembali,” katanya, Rabu (21/7/2021).

Menurutnya selama dua pekan libur jualan, dia mengalami kesulitan. Bahkan harus membuka tabungan untuk menyambung hidup.

“Dan yang paling kasihan itu karyawan-karyawan kami. Karena mereka tidak ada penghasilan lain,” sambungnya.

Baca: Kudus Masuk PPKM Level Empat Walau Kasus Covid Telah Menurun Jauh

Dia berharap agar ada kelonggaran untuk makan di tempat selama PPKM level 4 ini, di mana tetap dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

Pedagang kuliner Taman Bojana lainnya, Rahayu Mei Diawati menjelaskan hingga pukul 10.00 WIB hari ini belum ada pembeli. Menurutnya hari ini masih sepi, karena belum pada tahu jika kuliner di Taman Bojana sudah buka.

Dia memilih membuka warung kuliner ketimbang tidak ada kegiatan. Selain itu dapurnya juga perlu ngebul.

Baca: Penyekatan PPKM Darurat Bikin Pedagang Taman Bojana Kudus Tutup Warung Berjemaah

Dia juga sudah ada kesepakatan bersama dengan paguyuban kuliner Taman Bojana untuk bersama-sama buka hari ini.

Dia berkeinginan penyekatan menuju area Taman Bojana agar dilonggarkan. Sehingga akses menuju kuliner Taman Bojana diberikan jalan.

“Ingin ada pelonggaran, dan jangan disekat. Kami itu menghormati PPKM. Tetapi kami ingin diberikan solusi. Kalau masih disekat seperti ini konsumen sulit masuk ke warung kami,” harapnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...