Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kudus Masuk PPKM Level Empat Walau Kasus Covid Telah Menurun Jauh

HM Hartopo, Bupati Kudus. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Bupati Kudus HM Hartopo memastikan Kabupaten Kudus akan menjalankan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, hingga 26 Juli 2021 mendatang.

Meskipun jumlah kasus aktif di Kabupaten Kudus kini telah jauh menurun dibandingkan awal PPKM Darurat awal Juli 2021 lalu.

“Sedang coba kami koordinasikan ke provinsi (Pemprov Jateng) atau pusat  soal ini,” kata Bupati Hartopo, Rabu (21/7/2021).

Hartopo mengatakan, sempat terjadi perbedaan data zonasi untuk Kabupaten Kudus pada laman milik Pemprov Jateng yakni corona.jatengprov.go.id dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Di mana untuk corona.jatengprov.go.id, Kudus masuk dalam zona oranye.

“Sementara di BNPB kok merah, ini nanti yang akan kami pelajari kembali,” ujarnya.

Baca: Apa Itu PPKM Level Tiga dan Empat? Begini Penjelasannya

Jika dilihat dari kondisi di lapangan, Hartopo mengatakan kasus Covid-19 sudah jauh menurun. Keterisian tempat tidur rumah sakit kini juga tak lebih dari seratus tempat tidur di semua rumah sakit rujukan di Kudus.

“Ini di angka 20 persen (BOR rumah sakit, red), harusnya Kudus ini sudah masuk level yang rendah,” ungkap Hartopo.

Diketahui, kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Kudus kini tercatat sebanyak 383 pasien. Terdiri dari 91 pasien menjalani perawatan di rumah sakit rujukan. Sementara untuk 292 sisanya, kini tengah menjalani isolasi mandiri.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...