Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Sapi Kurban Jokowi di Solo Disembelih Hari Ini, Diserahkan Langsung oleh Wakil Wali Kota

Sapi kurban dari Presiden Jokowi disembelih di kompleks Masjid Agung Keraton Solo, Rabu (21/7/2021). (Solopos-Nicolous Irawan)

MURIANEWS, Solo — Sapi sumbangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Masjid Agung Solo disembelih hari ini, Rabu (21/7/2021). Penyembelihan dilakukan pagi tadi sekitar pukul 08.45 WIB.

Sebelum disembelih, sapi tersebut secara seremonial diserahkan langsung oleh Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa kepada Ketua Takmir Masjid Agung Muhammad Muhtarom.

Dikutip Solopos.com, ada sekitar 12 orang terlibat merobohkan sapi sumbangan Jokowi di Masjid Agung Solo. Sapi disembelih oleh salah satu santri Pesantren Tahfidz Wa Ta’limil Quran Masjid Agung Solo.

“Kami sudah periksa secara fisik dan ada surat keterangan kesehatan hewan yang ada. Sudah sesuai dan sehat,” kata Kasi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Kota Solo Abdul Azis.

Sementara itu Ketua Takmir Masjid Agung Muhammad Muhtarom menjelaskan agar tak terjadi kerumunan, pihaknya tak membagi daging kurban secara umum tapi menyalurkannya ke penerima yang sudah ditentukan. Bila ada kelebihan logistik daging akan dibagikan ke daerah binaan.

“Pendataan [penerima] sudah kami lakukan dan verifikasi kelayakan juga sudah kami lakukan. Nanti tinggal pelaksanaannya,” jelasnya.

Ia menyebutkan, Masjid Agung hari ini menyembelih lima ekor sapi dan lima kambing.

Sebelumnya, dua ekor sapi sumbangan Presiden Jokowi tiba di Masjid Agung Solo dan Masjid Al Wustho Mangkunegaran, Solo, Selasa (20/7/2021). Harga satu sapi lebih dari Rp 62 juta.

Dua sapi dikirim dari Kecamatan Musuk, Kabupaten Boyolali, menggunakan satu truk. Sapi berjenis sapi Jawa diturunkan di Masjid Agung Solo pukul 15.45 WIB.

Sapi warna putih tersebut diikat di Pagongan Masjid Agung Solo. Sapi dengan bobot 837 kilogram tersebut dibeli Presiden Jokowi dengan harga Rp 63 juta.

Sedangkan sapi berjenis limousin untuk Masjid Al Wustho Mangkunegaran tiba pukul 16.15 WIB. Sapi tersebut berbobot 837 kilogram ditebus Presiden dengan harga Rp 62,5 juta.

Pemilik sapi, Munawar, Selasa, menjelaskan sapinya gempal karena mendapatkan pakan rumput secara rutin, vitamin, dan dipantau mantri hewan. Sapi Jawa itu berusia empat tahun.

“Ini sapi yang saya istimewakan karena memelihara sapi jarak jauh [jangka panjang] butuh biaya yang banyak. Sedangkan sapi potong cukup enam bulan,” kata dia.

Menurut dia, sapi miliknya dipasarkan oleh anaknya melalui media sosial. Dia mendapatkan sejumlah penawaran sebelum sepakat dengan pihak kepresidenan.

Sekretaris dan Imam Masjid Al Wustho Mangkunegaran, Purwanto, bersyukur mendapatkan lagi sapi kurban dari Presiden. Jumlah hewan kurban sebanyak lima ekor sapi dan sekitar 20 kambing di Masjid Al Whusto .

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Comments
Loading...