Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kena Refocusing, Nominal Bantuan Modal Wirausaha Baru di Kudus Menyusut

ILUSTRASI: Warga menunjukkan pecahan uang rupiah. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Nilai bantuan modal usaha bagi wirausaha baru di Kabupaten Kudus tahun ini dipangkas. Pemangkasan itu karena adanya refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19.

Tahun ini dalam satu kelompok terdapat lima wirausaha baru. Jumlah tersebut masih sama dengan regulasi penerima bantuan hibah modal bagi wirausaha baru tahun lalu.

Namun, ada perubahan nominal bantuan yang didapat oleh 500 pelaku wirausaha baru di tahun ini.

Jika tahun lalu tiap wirausaha baru mendapatkan Rp 10 juta, di tahun ini per orang hanya mendapatkan Rp 5 juta.

“Karena ada refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19. Jadi total dalam satu kelompok mendapatkan Rp 25 juta,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Koperasi UKM (Disnaker Perinkop dan UKM) Kudus Rini Kartika Hadi Ahmawati.

Saat ini Disnaker Perinkop dan UKM Kudus tengah melakukan verifikasi wirausaha baru. Menurut Rini bantuan hibah modal bagi wirausaha baru harus dilakukan dalam bentuk kelompok, tidak diperbolehkan perorangan.

“Verifikasi lainnya harus benar-benar punya usaha UMKM atau tidak,” sambungnya.

Rini melanjutkan, tahapan verifikasi juga melihat data kelima orang dalam satu kelompok. Data tersebut akan dicek terlebih dahulu apakah kelimanya merupakan orang yang sama di tahun lalu, atau ada perubahan orang dalam satu kelompok.

Selain itu penerima hibah bantuan modal kelimanya harus berasal dari satu desa yang sama. Menurutnya saat ini paling banyak wirausaha baru berasal dari UMKM makanan dan minuman. Rini berharap bantuan modal dapat memberikan keringanan bagi wirausaha.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...