Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Bupati Jepara Imbau Warga Agar Salat Iduladha di Rumah Bersama Keluarga

Bupati Jepara, Dian Kristiandi menyampaikan himbauan agar warga mematuhi PPKM Darurat. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Jepara- Masyarakat diimbau untuk melaksanakan salat Iduladha di rumah saja dengan keluarga inti tanpa berjamaah di masjid maupun di lapangan. Ketentuan umat Islam untuk melaksanakan salat Iduladha di rumah bertujuan menekan angka kasus penularan Covid-19 di masa Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di wilayah Jawa – Bali.

Hal ini terungkap dalam rapat kordinasi percepatan penanganan Covid-19 wilayah Jawa Tengah (Jateng), pada Senin (19/7/2021) siang. Rapat virtual (dalam jaringan) dipimpin Gubernur Ganjar Pranowo dan diikuti seluruh bupati dan walikota se-Jateng.

Bupati Jepara Dian Kristiandi mengikuti rapat di ruang dalam Pendopo R.A Kartini Jepara didampingi jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), dan para pejabat terkait.

“Masjid Agung yang ada di pusat pemerintahan kabupaten dan kota harus bisa menjadi contoh untuk masjid-masjid lain di sekitarnya,” kata Dian Kristiadi, meneruskan pesan Gubernur Jawa Tengah.

Selain tidak melaksanakan salat Iduladha berjamaah di masjid, penyembelihan hewan kurban harus tetap menjaga protokol kesehatan (prokes) dan tidak menimbulkan kerumunan.

Bupati Jepara Dian Kristiandi menyatakan siap melaksanakan ketentuan tersebut. Jauh hari pihaknya sudah menyosialisasikan kepada para tokoh agama terkait ketentuan PPKM Darurat ini.

Masyarakat di Kabupaten Jepara dihimbau untuk bisa mematuhi ketentuan ini. Hal ini merupakan bagian dari upaya yang diharapkan bisa segera menekan penularan virus corona.

“Mari kita sama-sama memahami hal ini sebagai sesuatu yang baik untuk kepentingan semua. Tidak perlu ada penafsiran-penafsiran lain yang justru akan merugikan kita semua. Kita maknai Iduladha ini dengan sebaik-baiknya, untuk menekan angka kasus Covid-19,” tambah Andi.

 

Penulis: Budi erje
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...