Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

RPH Kudus Baru Terima 18 Hewan Kurban, Disembelih Hari Kedua Iduladha

Pengecekan pelatan di RPH Kudus. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Rumah Potong Hewan (RPH) milik Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus yang berada di Desa Prambatan Lor, Kecamatan Kaliwungu, per Senin (19/7/2021) hari ini baru menerima 18 hewan untuk disembelih sebagai kurban.

Kepala Unit Pelaksana Teknis RPH Kabupaten Kudus drh Anton Cahyono mengatakan, 18 hewan kurban itu berasal dari empat panitia kurban, baik sapi maupun kerbau.

“Yang masuk baru 18 ekor (disembelih di RPH). Kerbaunya ada tujuh ekor, sisanya sapi,” katanya, Senin (19/7/2021).

Menurutnya, pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di RPH Kudus akan dimulai di hari kedua Iduladha, yakni Rabu (21/7/2021). Sementara untuk hari pertama, pihaknya tidak melaksanakan penyembelihan mengikuti aturan dari pemerintah lantaran masih dalam PPKM Darurat.

“Sesuai aturan, penyembelihan akan kami lakukan mulai hari kedua hingga keempat Iduladha. Dan ini untuk di hari Jumat jadwal penyembelihan masih kosong, 18 ekor itu kami sembelih di hari kedua dan ketiga,” ungkapnya.

Pihaknya sudah mempersiapkan seluruh peralatan di RPH. Baik katrol, killing boks, hidrolis, hingga pasokan air juga dipastikan aman.

“Sebelum dan sesudah juga kembali kami bersihkan dengan disinfektan. Nanti juga akan kami batasi 13 orang dari RPH dan empat orang dari panitia masjid,” jelasnya.

Lebih lanjut ia menyebut, peminat penyembelihan hewan kurban di RPH tahun ini memang berkurang. Tahun lalu sekitar 40-an hewan kurban yang disembelih di RPH Kudus.

“Mungkin ada juga yang tidak menggelar penyembelihan, yang dulunya itu sering disembelih di RPH. Ada juga kemarin yang datang tapi untuk hari pertama, karena kami penyembelihan hari kedua akhirnya tidak jadi,” imbuhnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...