Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

PD Muhammadiyah Grobogan Anjurkan Warganya Salat Iduladha di Rumah Saja

Ketua PD Muhammadiyah Grobogan. Jati Purnomo (MURIANEWS/Zulkifli Fahmi)

MURIANEWS, Grobogan – Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Kabupaten Grobogan menganjurkan warganya untuk melaksanakan salat Iduladha di rumah masing-masing. Itu disampaikan Ketua PD Muhammadiyah Grobogan, Jati Purnomo melalui video pendek yang disebarkannya secara pribadi.

Keputusan itu, merujuk pada surat edaran dari PP Muhammadiyah Nomor 05/EDR/I.0/E/2021 tentang Imbauan Perhatian, Kewaspadaan, dan Penanganan Covid-19, Serta Persiapan Menghadapi Iduladha 1442 H/2021 M. Dalam video, Jati Purnomo mengajak masyarakat tetap menyerukan takbir dan tahmid pada Hari Raya Iduladha hingga hari tasyrik di masjid atau musala secara terbatas.

“Kemudian perihal shalat Idul Adha, untuk menjauhi hal-hal yang tidak diinginkan maka dilakukan di rumah saja bersama keluarga dengan imam dan khatib dipimpin oleh kepala rumah tangga atau anggota keluarga yang ada,” ujar Jati Purnomo, Senin (19/7/2021).

“Kalaupun ada masjid atau musala yang menyelenggarakan salat Iduladha, cukup bagi jemaah rutin masjid atau musala itu,” imbuhnya.

Adapun dalam pelaksanaan penyembelihan hewan kurban pihaknya mengimbau agar dapat diserahkan kepada Lazismu, sebagai bidang ketahanan pangan dan kebencanaan dari Muhammadiyah.

Mantan Ketua KPU Grobogan itu juga mempersilahkan apabila masjid dan musala menyelenggarakan penyembelihan kurban. Meski demikian, dia mewanti-wanti agar panitia dibatasi dan pelaksanaan mengedepankan protokol kesehatan secara ketat.

“Agar tidak terjadi kerumunan, kami imbau agar hasil kurban itu diantarkan langsung ke rumah-rumah penerimanya oleh panitia. Kiranya ihtiar maksimal itu, insyaAllah, Allah akan mengangkat pandemi Covid-19 dan segala ihtiar kita menjadi bagian dari amal ibadah kita di sisi Allah,” harapnya.

 

Reporter: Zulkifli Fahmi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...