Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

FIFA Akan Rubah Aturan Permainan Sepak Bola, Begini Rencana Aturan Barunya…

FIFA merencanakan aturan baru untuk permainan sepak bola.(twitter.com)

MURIANEWS, Jakarta- Sepanjang sejarah sepak bola ada beberapa perubahan yang sudah terjadi terkait aturan mainnya. Sejauh yang sudah terjadi, perubahan aturan yang sudah terjadi tidak mengurangi daya tarik permainan ini.

Baru-baru ini FIFA, otoritas sepak bola dunia menyatakan tengah menyiapkan aturan permainan baru untuk sepak bola. Perubahan aturan itu menurut mereka tetap diarahkan untuk semakin meningkatkan daya tarik sepak bola.

Bahkan, seperti yang dilansir dari CNN Indonesia, Senin (19/7/2021), FIFA telah melakuka sebuah ujicoba penerapan aturan baru sepak bola. Secara keseluruhan ada 5 perubahan aturan yang direcanakan oleh FIFA.

Sejumlah klub telah ditunjuk FIFA untuk ujicoba penerapan peraturan baru sepakbola ini. Klub-klub itu adalah Tim u-19 PSV Eindhoven, AZ Alkmaar, RB Leipzing dan Brugge. Mereka saling bertanding dengan aturan baru ini.

FIFA sendiri masih belum memastikan apakah aturan baru ini akan diterapkan secara penuh untuk permainan sepak bola di seluruh muka bumi. Namun , perupahan aturan ini tidak dipungkiri sudah menjadi perbincangan banyak kalangan.

Tidak sedikit yang menganggap ide perubahan aturan ini sebagai sesuatu yang gila, dan memprotesnya. Hal ini terjadi di banyak media sosial sejauh ini. Apakah anda menyetujuinya? Berikut aturan baru sepak bola yang direncanakan FIFA itu:

Lamanya waktu dalam satu pertandingan sepak bola akan dirubah dari 45 menit menjadi hanya 30 menit. Sehingga dalam satu pertandingan hanya akan memakan waktu 1 jam saja.

Namun demikan, waktu 30 menit ini adalah waktu bersih yang akan digunakan setiap babaknya. Artinya, setiap bola keluar lapangan, atau terjadi insiden yang membuat pertandingan terhenti, maka pencatat waktu pertandingan akan dihentikan.

Aturan ini mengadopsi aturan pengaturan waktu yang ada di pertandingan futsal atau bola basket. Sehingga tidak ada lagi istilah injury time yang selama ini dikenal di sepak bola. Waktu 30 menit akan menjadi waktu bersih yang akan dijalani masing-masing tim.

Perubahan aturan lainnya adalah berkaitan dengan pergantian pemain. Jika pada awalnya hanya ada tiga pergantian pemain, dan terakhir di Euro 2020 ada 5 pergantian pemain, maka pada aturan yang baru ini, tidak ada batasanya. Setiap tim bebas melakukan pergantian pemain seperti di pertandingan Futsal.

Lemparan ke dalam yang biasa terjadi di pertandingan sepak bola, menurut aturan baru yang direncanakan akan dihilangkan. Sebagai gantinya akan diganti dengan tendangan ke dalam, seperti halnya yang dilakukan di Futsal.

Dengan perubahan ini, mungkin FIFA berharap setiap bola keluar akan menimbulkan sebuah peluang berbahaya, ketika akan dilakukan tendangan ke dalam. Dari sini FIFA berharap sepak bola akan menjadi semakin menarik.

Terakhir, perubahan yang diapungkan adalah hukuman untuk setiap kartu kuning yang keluar. Jika selama ini kartu kuning adalah hukuman awak yang bisa berujung kartu merah, maka dalam aturan baru akan langsung dikonversi dengan hukuman.

Setiap kartu kuning yang muncul, maka pemain yang menerima diharuskan keluar lapangan, dan selama 5 menit tidak boleh diganti. Setelah 5 menit si pemain boleh dimainkan kembali atau diganti dengan pemain yang lain.

Nah, kira-kira bagaimana menurut anda? Apakah anda setuju?

Penulis: Budi erje
Editor: Budi erje
Sumber: CNN Indonesia

Comments
Loading...