Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Datang ke Tokyo, Mantan Atlet Peraih Emas Korsel Diketahui Positif Covid-19

Seung-min Ryu, peraih medali emas tenis meja di Olimpiade 2004, terkorfirmasi Covid-19 saat datang ke Tokyo 2020. (twitter.com/@toisports)

MURIANEWS, Tokyo- Mantan Atlet peraih medali emas di Oimpiade 2004 asal Korea Selatan, Seung-min Ryu terkonfirmasi positif covid-19, saat tiba di Bandara Narita, Tokyo. Ini menjadi kasus covid-19 yang kesekian kalinya diketahui terjadi di arena Olimpiade 2020, Tokyo.

Seung-min Ryu merupakan peraih medali emas tenis meja putra di Olimpiade 2004, tiba di Tokyo dalam kapasitasnya sebagai anggota IOC (International Olimpic Comite) Korea Selatan.

Ryu Seung-min, yang memenangkan medali emas tenis meja Olimpiade di tunggal putra pada tahun 2004, didiagnosis dengan virus tersebut setelah mendarat di Bandara Internasional Narita pada hari Sabtu. Dalam pemeriksaan di Bandara, dirinya diketahui terkonfirmasi positif covid-19.

“IOC telah diberitahu tentang hasil tes positif COVID-19 dari anggota IOC Ryu Seung-min setibanya di Jepang. Dia saat ini berada di fasilitas isolasi, di mana dia akan tinggal sampai pihak berwenang Jepang memutuskan bahwa dia dapat meninggalkan kamarnya,” ujar juru bicara IOC Korea Selatan, seperti dilansir dari Reuters, Senin (19/7/2021).

Panitia Olimpiade 2020 Tokyo, pada hari Sabtu (17/7/2021) telah melaporkan kasus pertama Covid-19 di Olimpic Village. Selanjutnya menyusul muncul setidaknya ada 14 kasus baru lainnya.

Sementara itu, seperti yang dilansir dari The Sun, Senin (19/7/2021), Seung-min Ryu menyatakan sebelumnya dirinya sudah dua kali di tes sebelum berangkat ke Tokyo, Jepang. Dalam dua kali tes yang dilakukannya di Korea Selatan, semuanya negative.

“Saya benar-benar tanpa gejala, yang mungkin ada hubungannya dengan fakta bahwa saya sudah divaksinasi. Saya meminta maaf kepada Panitia Penyelenggara, tuan rumah kami di Jepang, dan IOC atas ketidaknyamanan yang saya timbulkan. Kasus saya hanyalah bukti lain bahwa sistem yang diterapkan untuk melindungi kita semua efektif,” ujarnya.

Sebelummya, 3 anggota Tim Nasional Sepak Bola Afrika Selatan juga diketahui terkonfirmasi positif Covid-19. Selanjutnya, Pelatih Rugby Afrika Selatan, Sevens Neil Powell juga dipastikan terkonfirmasi positif covid-19.

Neil Powell menjadi orang ke-4 di Kontingen Afrika Selatan, yang dinyatakan terjangkit. Saat ini yang bersangkutan tengah dirawat di Fasilitas Isolasi di Kagashimo, yang menjadi Camp Kontingen Afrika Selatan di Olimpiade Tokyo.

Dari laman resmi SAFA (South Africa Football Asosiation), Chief Medical Officer Afrika Selatan, dr.Phatho Zondi menyatakan, semua anggota kontingen negaranya sudah mengantongi izin medis penuh sebagai kriteria kelayakan.

Selain itu mereka juga sudah menjalani isolasi selama dua pekan sebelum mereka berangkat ke Tokyo. Kesehatan mereka juga dipantau setiap hari, terkait semua gejala. Terakhir mereka juga menjalani tes PCR dalam 96 jam sebelum keberangkatan ke Tokyo.

“Hasil positif pada tes PCR pada atlet-atlet dan anggota rombongan kami ini, terjadi pada masa inkubasi infeksi. Sehingga hasil test di Afrika Selatan yang negative kemudian berubah menjadi positif saat di Jepang. Mereka sekarang dalam isolasi, dan akan terus dipantau serta tidak diijinkan berlatih bersama atau melakukan kontak fisik dengan anggota tim yang lainna,” ujar dr. Phatho Zondi.

Penulis: Budi erje
Editor: Budi erje
Sumber: The Sun, SAFA, Reuters

Comments
Loading...