Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Tiga Orang Anggota Tim Sepak Bola Olimpiade Afrika Selatan Positif Covid-19 Setibanya di Tokyo

Logo Olimpiade Tokyo 2020. (instagram/@tokyo2020)

MURIANEWS, Tokyo- Pesta Olahraga sejagad, Olimpiade 2020 yang akan digelar di Tokyo, Jepang, mulai 23 Juli 2021 ini, mulai dihantui ancaman Covid-19. Upaya keras yang dilakukan panitia penyelenggara untuk menciptakan resiko ‘nol’ penyebaran Covid-19 , dipastikan sudah gagal.

Dari para atlet kontingen Olimpiade dari luar Jepang, diketahui sudah ada yang terjangkit virus Covid-19. Hal ini menjadikan ‘ketakutan terbesar’ pihak penyelenggara Olimpiade Tokyo, menjadi sebuah kenyataan.

Setelah sebelumnya ditemukan seorang anggota kontingen di Olimpic Village terkonfirmasi positif. Maka berikutnya sudah ditemukan atlet yang terkonfirmasi positif, setelah dilakukan tes.

Seperti dilansir dari The Sun, Senin (19/7/2021), Kontingen Afrika Selatan mengkonfirmasi tiga kasus dalam skuad sepak bola mereka. Dua pemain sepak bola mereka, Thabiso Monyane dan Kamohelo Mahlatsi, dipastikan terkonfirmasi positif covid-19.

Dua pemain sepak bola Afrika Selatan ini diketahui terkonfirmasi positif covid-19 setelah menjalani test di Olimpic Village. Kasus ini menjadi yang berikutnya terjadi di Olimpic Village. Selain dua pemain sepak bola itu, seorang staf analis video Tim Afrika Selatan, Mario Masha, juga dinyatakan terkonfirmasi positif.

Kontingan sepak bola Afrika Selatan memng sudah tiba di Olimpic Village, Tokyo. Mereka akan bertanding menghadapi tuan rumah Jepang pada Kamis (22/7/2021). Selanjutnya mereka akan menghadapi Prancis dan kemudian Meksiko.

Manajer Tim Sepak Bola Afrika Selatan Mxolisi Sibam, menyatakan, saat ini semua anggota timnya tengah menjalani karantina. Sesuai dengan aturan panitia, semua kontingen harus menjalani karantina selama 3 hari.

“Kami memiliki tiga kasus positif Covid-19 di kamp di sini, dua pemain dan seorang ofisial. Ada screening setiap hari. Masha dan Monyane mengaku suhu badannya tinggi. Selanjutnya tes swab menunjukan hasil positif, dan kemudian dibawa untuk melakukan tes hidung dan sayangnya mereka dinyatakan positif Covid-19,” ujarnya.

Sedangkan Mahlatsi disebutkan menjadi pemain terbaru yang dinyatakan positif Covid-19, setelah dua kasus awal dikembangkan. Melalui proses yang sama, pemain ini juga dinyatakan positif covid-19.

“Situasi yang tidak menguntungkan ini membuat kami melewatkan sesi latihan intensif pertama kami tadi malam,” keluh Mxolisi Sibam.

Selain tiga kasus di tim sepak bola Afrika Selatan, pihak Panitia Penyelenggara Olimpiade juga menemukan satu kasus baru lain. Salah satu anggota IOC Korea Selatan, yang diketahui bernama Seung-min Ryu, dinyatakan terkonfirmasi positif.

Seung-min Ryu, tiba di Bandara Narita, Tokyo dan menjalani pemeriksaan yang kemudian hasilnya diketahui positif covid-19. Pejabat IOC Korea Selatan ini akhirnya divaksinasi dan menjalani 14 hari masa karantina di fasilitas isolasi Olimpiade.

Penulis: Budi erje
Editor: Budi erje
Sumber: The Sun

Comments
Loading...