Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

PPKM Darurat Masih Akan Dievaluasi, Sebelum Diperpanjang Atau Tidak

Luhut Binsar Panjaitan, Menko Marves.(instagram/@antaranews)

MURIANEWS, Jakarta- Penerapan kebijakan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Darurat, dinilai mulai menunjukan hasil. Turunnya mobilitas warga di masa PPKM, membuat penyebaran virus Covid-19 mulai menunjukan grafik menurun, khususnya di DKI Jakarta.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, perkembangan yang baik ini diharapkan bisa terus berlangsung. Untuk situasi yang sama, pihaknya juga optimis akan terjadi di Propinsi Bali.

“Kami lihat ada beberapa daerah yang mencapai penurunan mobilitas dan aktivitas masyarakat sudah cukup baik dan penambahan kasus sudah flattening dan sudah menurun, seperti DKI Jakarta, dan saya lihat Bali juga akan menurun satu minggu ke depan,” kata Luhut dalam konferensi pers virtual, Sabtu (17/7/2021).

Namun demikian, dalam satu sampai tiga hari ke-depan, peningkatan kasus Covid-19 di Jakarta dan Bali, masih mungkin mengalami kenaikan. Konsistensi masyarakat dalam membatasi mobilitas selama PPKM Darurat akan menentukan.

“Kalau kita konsisten, semua saya lihat akhir Juli posisi kita akan semakin baik. Oleh karena itu, saya minta teman-teman di semua tempat, di Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur untuk bahu membahu, dan tempat lain penjuru Tanah Air untuk melawan varian Delta ini,” katanya lagi.

Mengenai rencana perpanjangan PPKM Darurat, masih akan dibahas secara lebih mendalam. Pemerintah akan melakukan kajian dalam dua sampai tiga hari kedepan. Ada evaluasi yang harus dilakukan sebelum memutuskan hal itu.

“Saat ini kami sedang melakukan evaluasi terhadap apakah PPKM dibutuhkan perpanjangan lebih lanjut. Kami akan laporkan ke presiden. Saya kira dua sampai tiga hari ke depan kita juga akan mengumumkan secara resmi,” kata Luhut lagi.

Penulis: Budi erje
Editor: Budi erje
Sumber: CNN Indonesia

Comments
Loading...