Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pasien Covid-19 di Kudus yang Dirawat di Rumah Sakit Tinggal 103 Orang

Tempat tidur cadangan untuk pasien isolasi Covid-19 milik RSI Sunan Kudus (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Jumlah pasien Covid-19 di Kabupaten Kudus kini berada di angka 499 orang. Dari jumlah itu pasien yang dirawat di rumah sakit tinggal 103 orang.

Sementara sisanya sebanyak 396 orang menjalani isolasi mandiri karen tak bergejala atau gejalanya ringan.

Penurunan jumlah pasien dirawat ini memengaruhi keterisian tempat tidur isolasi Covid-19 di tujuh rumah sakit rujukan di Kabupaten Kudus.

Di mana akumulasi totalnya kini keterisiannya berada di angka 25 pesen. Sementara untuk tempat tidur ICU covid berada di angka 61 persen.

“Secara keseluruhan, ruang Isolasi di Kudus kini hanya terisi 25 persen dari total kapasitas sebanyak 499 tempat tidur. Sedangkan keterisian tempat tidur ICU adalah sebanyak 61 persen dari total kapasitas sebanyak 66 tempat tidur,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus Badai Ismoyo, Sabtu (17/7/2021).

Badai merincikan, data dari DKK per hari ini, semua rumah sakit rujukan penanganan Covid-19 di Kudus tidak ada yang merawat pasien lebih dari 50 persen dari total kapasitanya. Rumah Sakit Mardi Rahayu yang sebelumnya merawat pasien terbanyak pun kini telah menurun.

Rumah sakit rujukan lini dua penanganan Covid-19 di Kudus tersebut, kini memiliki keterisian tempat tidur sebesar 47 persen saja. Menurun dibanding akhir pekan lalu yang mencapai 77 persen. Sementara untuk tempat tidur ICU covid mereka, terisi sebesar 76 persen.

Kemudian untuk Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Loekmono Hadi Kudus keterisian tempat tidur-nya kini berada di angka 26 persen. Kemudian untuk tempat tidur ICU, berada di angka 69 persen.

Sementara untuk RSI Sunan Kudus terisi 16 persen di tempat tidur isolasi dan 50 persen di tempat tidur ICU.

Untuk RS Aisyiyah, kini terisi 13 persen di tempat tidur isolasi dan nol persen untuk tempat tidur ICU. Kemudian RS Kumala Siwi, kini terisi 22 persen di tempat tidur isolasi dan terisi 33 persen di tempat tidur ICU.

Sedang di RS Nurusyifa kini terisi sebelas persen di tempat tidur isolasi dan nol persen di tempat tidur ICU. Dan yang terakhir adalah di RS Kartika Husada yang kini nol persen untuk tempat tidur isolasinya.

“Sejumlah rumah sakit memang mengalami penambahan kapasitas tempat tidur ketika lonjakan kasus pertengahan Juni lalu. Sehingga saat ini keterisiannya sangat lega walau kasus dirawat masih di angka seratusan orang,” ungkap Badai.

Untuk diketahui, hingga Sabtu (17/7/2021) malam, sudah ada sebanyak 15.633 warga Kudus yang terpapar Covid-19. Dari jumlah tersebut, sudah ada sebanyak 13.877 pasien yang dinyatakan sembuh.

Kemudian untuk pasien meninggal, kini berada di angka 1.257 orang, dan untuk jumlah pasien aktif sendiri kini berada di angka 499 orang.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...