Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Rombongan Atlet Olimpiade Indonesia Mulai Berangkat ke Tokyo, Malam Ini

 

Logo Olimpiade Tokyo 2020. (instagram/@tokyo2020)

MURIANEWS, Jakarta- Tim Olimpiade Indonesia sudah mulai diberangkatkan ke Tokyo. Mereka akan menjadi bagian dari pesta olahraga Olimpiade Tokyo 2020, yang akan digelar mulai 23 Juli – 8 Agustu 2021.

Para atlet Indonesia yang berangkat ke Tokyo merupakan rombongan pertama dari kontingen Indonesia ke Olimpiade Tokyo 2020. Sebanyak 13 atlet dari tiga cabang olahraga akan diberangkatkan pada Sabtu (17/7/2021) malam hari WIB.

Mengutip dari CNN Indonesia, Sekretaris Jenderal NOC (National Olimpic Comite) Indonesia, Ferry J Kono menyatakan, semula akan ada 17 atlet dari 5 cabang olahraga yang akan diberangkatkan. Namun ada perubahan rencana dari dua cabor, masing-masing dua atlet rowing dan dua atler angkat besi.

“Penerbangan untuk atlet cabor rowing kami ubah ke Selasa. Begitu juga atlet angkat besi, Deni, yang nanti berangkat didampingi coach Lukman. Perubahan dilakukan berdasarkan rekomendasi tim dokter karena mereka ada gejala flu,” kata Ferry, Sabtu (17/7).

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terhadap kemungkinan adanya masalah covid-19. Sehingga perlu dipisahkan keberangkatan mereka dari rombongan besar Tim Indonesia ke Tokyo

Jadwal keberangkatan yang berubah, dipastikan tidak akan menganggu kesiapan atlet-atlet Indonesia di Olimpiade Tokyo. Sesuai jadwal, rowing baru bertanding pada 24 Juli dan Deni tampil pada 25 Juli. Hal yang sama juga berlaku untuk cabor angkat berat.

“Ada karantina tiga hari yang diterapkan pemerintah Jepang, tidak masalah karena atlet-atlet masih memiliki waktu sampai hari pertandingan. NOC Indonesia bersama CdM concern dengan hal ini karena kami ingin memastikan semua atlet yang berangkat kondisinya bugar sehingga mereka bisa menjalani prokes di sana dengan lancar,” tambah Ferry.

Rombongan Tim Olimpiade Indonesia yang akan berangkat Sabtu (17/7/2021) malam terdiri dari 13 atlet serta 11 pelatih dan ofisial dari lima cabor yaitu panahan (4 atlet), angkat besi (4), menembak (1), renang (2), dan surfing (1+1).

Keberangkatan dipimpin langsung Rosan Roeslani selaku CdM serta Presiden NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari. Mereka akan menjalani 3 hari masa karantina di Desa Olimpiade, di Jepang.

Beberapa atlet Indonesia lainnya, yakni untuk cabang olahraga Surving, akan langsung berangkat dari Bali. Kemudian transit di Bandara Soekarno Hatta, kemudian bergabung dengan atlet Indonesia yang berada di Jakarta. Rombongan Indonesia akan berangkat ke Tokyo pada jam 21.55 WIB.

Sedangkan untuk atlet cabor rowing, Deni dan Coach Lukman akan berangkat bersama Tim Head Quarters yang dikawal oleh tiga Komite Eksekutif Indra Gamulya, Rafiq Hakim Radinal serta Arlan Perkasa Kusuma pada 20 Juli 2021.

Sementara, cabor atletik didampingi Sekjen NOC Indonesia berangkat di kloter terakhir pada 24 Juli. Seluruh Kontingen Indonesia yang berangkat sudah divaksinasi dan telah menjalani karantina dengan protokol kesehatan yang ketat sesuai aturan TOCOG.

Diluar ini, Tim Nasional Bulutangkis Indonesia dikabarkan sudah meninggalkan tanah air sejak Kamis (8/7/2021) lalu. Mereka membuka persiapan di Kumamoto Perfecktur, untuk melakukan persiapan selama 10 hari.

Tim Nasional Bulutangkis Indonesia akan bertolak ke Tokyo pada Senin (19/7/2021). Secara keseluruhan Kontingen Indonesia di Olimpiade Tokyo terdiri dari 28 atlet dan 17 Official, yang berasal daru 8 Cabang Olahraga.

Penulis: Budi erje
Editor: Budi erje
Sumber: CNN Indonesia

Comments
Loading...