Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Ketua DPRD Jepara Imbau Daging Kurban Langsung Dibagikan ke Rumah Penerima

Gus Haiz mengecek kambing untuk kurban Iduladha. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jepara Haizul Ma’arif, meminta agar proses pemotongan hewan kurban menerapkan protokol kesehatan. Selain itu, untuk menghindari kerumunan pembagian daging kurban diimbau agar langsung dikirim ke rumah warga.

Menurut legislator yang akrab disapa Gus Haiz ini, hewan kurban yang dibeli harus memenuhi ketentuan hukum Islam. Yakni sehat, cukup umur, dan tidak cacat. “Apabila giginya sudah tanggal, maka hewan tersebut sudah layak untuk dikurbankan,” katanya, Sabtu (17/7/2021).

Selain itu, lanjut Gus Haiz, untuk memilih hewan kurban yang baik bisa dilihat dari matanya. Apabila matanya sehat dan tidak mengalami belek mata, hewan tersebut dalam kondisi baik.

Gus Haiz juga mengimbau agar pemotongan hewan kurban bukan saja mengikuti syariat Islam tapi juga mengikuti protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19. Yakni dengan membatasi jumlah orang yang terlibat dalam penyembelihan.

“Sebisa mungkin jangan ada kerumunan. Apalagi sampai padat. Jumlah panitia harus dibatasi,” tegas Gus Haiz.

Terkait dengan pendistribusian daging kurban, Gus Haiz berharap agar langsung dibagikan ke rumah-rumah warga. Tujuannya untuk mencegah kemungkinan adanya penularan Covid-19.

“Maka, insyaallah Iduladha tahun ini membawa keberkahan pada semua memberikan rasa aman dan ikut mengendalikan penularan Covid-19. Selamat merayakan Hari Raya Iduladha,” tuturnya.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...