Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Bea Cukai Semarang Limpahkan Kasus Rokok Ilegal ke Kejari Grobogan

Barang bukti rokok ilegal diamankan di Kantor Kejari Grobogan. (MURIANEWS/Dani Agus)

MURIANEWS, Grobogan – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean A Semarang melimpahkan tersangka dan barang bukti dalam kasus tindak pidana di bidang cukai kepada Kejaksaan Negeri (Kejari) Grobogan.

Sebelumnya, petugas KPPBC melakukan penindakan di sebuah rumah di wilayah Purwodadi, Rabu (19/5/2021) lalu, karena diduga menjadi tempat pengepul rokok tanpa cukai atau ilegal.

Saat diamankan seorang tersangka berinisl J sedang melakukan pemuatan rokok ilegal ke dalam sebuah mobil. Rencananya, rokok itu akan diantar pada pembeli yang masih berada di wilayah Grobogan.

“Untuk kerugian negara atas kasus ini mencapai Rp 300 juta,” kata Kasi Pidsus Kejari Grobogan Iwan Nuzuardhi pada wartawan, Jumat (16/7/2021).

Pelimpahan kasus ke Kejari Grobogan juga diikuti dengan penyerahan tersangka dan barang bukti untuk selanjutnya akan dilakukan proses penuntutan.

Adapun barang bukti rokok ilegal yang diserahkan sebanyak 152 karton. Kemudian barang bukti tersebut diamankan di gudang Kejari Grobogan untuk bukti di pengadilan.

Menurut Iwan, kegiatan pelimpahan tersangka dan barang bukti kepada ini merupakan sinergi nyata untuk memberantas peredaran rokok ilegal.

“Hal ini, sekaligus bisa menyelamatkan pendapatan negara, serta menciptakan iklim usaha yang sehat bagi pengusaha yang taat akan ketentuan dalam bidang cukai,” pungkasnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...