Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pemkab Kudus Izinkan Masjid Sembelih Kurban Tapi Tak Sarankan Gelar Salat Iduladha

Bupati Kudus HM Hartopo. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus mengizinkan masjid di Kabupaten Kudus untuk menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban di masjidnya masing-masing. Hanya, tetap dengan mematuhi protokol kesehatan dengan ketat.

Seperti mencuci tangan, memakai masker, hingga mengurangi kerumunan dan berjarak.

“Kalau penyembelihan kami kira tidak apa-apa karena terbatasnya Rumah Pemotongan Hewan (RPH). Hanya harus dengan protokol kesehatan yang ketat,” kata Bupati Hartopo, Jumat (16/7/2021).

Kemudian, untuk penyembelihannya juga dibagi selama tiga hari. Yakni dari tanggal 11 hingga 13 Zulhijah‎ atau tanggal 21-23 Juli 2021.

Pemkab Kudus sendiri, juga telah membuat pedoman pelaksanaan kegiatan kurban dalam masa pandemi sesuai Surat Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus Nomor 524/790/22.04.

“Di antaranya membatasi jumlah panitia kurban, pemotongan hanya dihadiri panitia, dan distribusinya oleh panitia,” ujarnya.

Walau memperbolehkan pelaksanaan kurban di masjid, Hartopo tidak menganjurkan masjid mengelar salat Iduladha pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Pemkab sendiri, kata dia, hanya menyesuaikan dengan Surat Edaran (SE) Menteri Agama Nomor 17 Tahun 2021 tentang Peniadaan Sementara Peribadatan Di Tempat Ibadah, Malam Takbiran, Salat Iduladha, dan petunjuk teknis pelaksanaan kurban.

Oleh karena itu, desa-desa di Kabupaten Kudus diharapkan bisa turut menyosialisasikan aturan tersebut. Sehingga bisa dimengerti oleh semua kalangan di masyarakat.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...