Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Polres Grobogan Tempatkan Mobil Laborat PCR di Kantor Dinkes

Polres Grobogan menyiapkan laborat swab PCR mobile yang ditempatkan di Dinkes. (MURIANEWS/Dani Agus)

MURIANEWS, Grobogan – Dinas Kesehatan Grobogan kini bisa medapatkan hasil tes swab PCR yang lebih cepat. Hal ini menyusul adanya upaya Polres Grobogan yang mendatangkan mobil laborat swab PCR dan ditempatkan di Kantor Dinkes sejak Rabu (13/7/2021).

Diperkirakan, mobil laborat untuk menguji sampel swab PCR itu sudah bisa operasional Jumat (16/7/2021).

Kepala Dinkes Grobogan Slamet Widodo mengatakan, mobil laborat swab PCR sangat mendukung upaya percepatan testing Covid-19. Sebab, hasil pengujian swab PCR bisa diketahui dalam beberapa jam kemudian.

Dengan adanya mobil laborat swab PCR ini diharapkan upaya pengujian sampel menjadi lebih cepat. Di sisi lain, keberadaan peralatan itu menjadikan upaya tracing, testing dan treatment bisa lebih optimal.

“Apabila hasil swabnya positif maka tracing akan dilakukan lebih maksimal. Penanganan selanjutnya juga bisa lebih cepat,” katanya.

Selama ini, untuk pengujian sampel swab dikirim ke laboratorium yang ada di Semarang. Jika kasus Covid-19 sedang tinggi, hasil swabnya baru jadi sekitar 4-5 hari.

Dijelaskan, dalam sehari, mobil swab PCR itu diperkirakan bisa memeriksa hingga 138 sampel. Mobil swab PCR itu rencananya akan ditempatkan selama berlangsungnya PPKM Darurat dengan kuota pemeriksaan sebanyak 464 sampel.

”Untuk rumah sakit juga bisa mengirim sampel swab ke sini. Namun, jika sampel sudah melebihi dari kuota yang tersedia maka kami tetap akan mengirimkan ke laboratorium Semarang,” sambungnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...