Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Denda Protokol Kesehatan di Pati Terkumpul Rp 79 Juta

Petugas Satpol PP Pati melakukan protokol kesehatan. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati –  Denda untuk pelanggar protokol kesehatan yang dihimpun oleh Satpol PP Kabupaten Pati, hingga saat ini mencapai Rp 79 juta lebih. Denda tersebut merupakan akumulasi dari Januari hingga Juli tahun ini.

Kasatpol PP Pati Sugiyono mengatakan, sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan terdiri dari teguran lisan, memungut sampah, menyanyikan lagu kebangsaan, azan hingga denda.

“Untuk sanksi berupa denda, terhimpun sudah ada Rp 79 juta sekian. Dari denda itu, kebanyakan adalah dari warga yang tidak memakai masker. Ada juga dari pelaku usaha yang tidak menaati aturan selama PPKM Darurat,” katanya.

Selain itu, ada juga pelanggar lain, seperti tempat karaoke yang nekat buka selama PPKM kemudian ada pengunjung  maupun pemandu karaoke yang terjaring razia. Mereka dikenakan sanksi denda, termasuk pengelola tempat karaoke.

Dia juga menyampaikan, total kasus pelanggar protokol kesehatan mulai dari Januari-Mei 2021 ada sebanyak 2.192 kasus.

“Selama PPKM Mikro dan Darurat, terhitung dari Juni hingga saat ini, ada 886 pelanggar. Sebagian besar dari mereka adalah tindak memakai masker. Kemudian ada juga dari kafe, angkringan yang berjualan melewati batas waktu yang ditentukan,” imbuhnya.

Kemudian untuk uang denda yang terkumpul tersebut, selanjutnya dimasukkan ke dalam kas daerah. Sehingga masuk bagian dari pendapatan asli daerah, sekalipun mendapatkannya melalui sanksi pelanggaran protokol kesehatan.

“Harapan kami, jangan sampai masyarakat ini kami denda. Bagaimana caranya, ya ikutilah protokol kesehatan. Itu semua untuk diri kita sendiri, jangan sampai terpapar Covid-19. Saya sendiri ini sudah pernah merasakan, bagaimana sakitnya sesak napas, bagaimana sulitnya butuh oksigen, ini kan kasihan. Jadi, kita harus sadar diri, banyak berdoa dan semangat dalam menghadapi pandemi ini,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...