Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

161 Ribu Anak Usia 12-17 Tahun di Kudus Ditargetkan Terima Vaksin Covid-19

Petugas vaksinasi RSUD Loekmono Hadi Kudus bersiap menyuntikkan vaksin Covid-19. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Kudus – Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus menargetkan ada sebanyak 161.146 remaja atau anak usia 12-17 tahun di Kudus yang bakal menjalani vaksinasi  Covid-19. Proses penyuntikan pada dosis pertama pun telah dimulai walau persentasenya masih sangat rendah.

“Kemarin ada sisa untuk penyuntikan dosis satu, akhirnya kami suntikkan saja pada sebanyak 765 anak di Kudus karena sudah diperbolehkan,” kata Kepala DKK Badai Ismoyo, Kamis (15/7/2021).

Namun, karena kosongnya stok untuk vaksinasi dosis satu, proses vaksin bagi kelompok ini belum dijalankan kembali. Sembari menunggu droping vaksin untuk dosis satu, DKK kini tengah memfokuskan penyuntikan dosis dua.

Kudus sendiri, hingga kini masih memiliki tanggungan penyuntikan dosis dua vaksinasi Covid-19 jenis Sinovac sekitar 67 ribu dosis lagi. Jumlah tersebut, setidaknya harus rampung dua hingga tiga pekan ke depan.

“Saat ini kami mengejar untuk penyuntikan dosis dua pada sejumlah kategori, terutama di masyarakat umum dan rentan,” ujarnya.

Dengan adanya penambahan target untuk anak usia 12-17 tahun, secara keseluruhan target vaksinasi di Kabupaten Kudus menjadi bertambah. Yakni sebanyak 825.812 orang. Di mana target sebelumnya hanya berjumlah 664.666 orang.

“Tentu bertambah seiring dengan dimasukkannya target vaksinasi untuk remaja,” ujar dia.

Kemudian untuk capaiannya, Badai merincikan capaian vaksinasi di Kabupaten Kudus telah mencapai 16,5 persen pada dosis pertama. Atau sebanyak 136.124 orang dari total target sebesar 825.812 orang. Kemudian pada dosis kedua, baru mencapai 6 persen atau sebanyak 50.333 orang.

“Kami terus mengupayakan vaksinasi di Kudus, termasuk pengoptimalan faskes-faskes kami untuk mengejar target vaksinasi,” jelas Badai.

Untuk diketahui, jumlah tersebut merupakan jumlah gabungan dari enam kategori prioritas vaksinasi di Kabupaten Kudus. Yakni Tenaga kesehatan, pelayan publik, lansia, masyarakat rentan,  masyarakat umum, dan remaja.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...