Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

RPH Kudus Siap Layani Pemotongan Hewan Kurban untuk Cegah Kerumunan

RPH milik Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kabupaten Kudus (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Rumah Pemotongan Hewan (RPH) milik Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kabupaten Kudus disiapkan untuk melayani pemotongan hewan kurban di Hari raya Idul Adha 20 Juli mendatang.

Hal tersebut dilakukan guna mengurangi kerumunan di masing-masing tempat ibadah di Kudus yang menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban. RPH akan mulai melayani pada tanggal 21 dan 22 Juli mendatang.

“Karena adanya PPKM Darurat sampai tanggal 20 besok, kami bukanya sehari setelahnya,” ucap Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus Sunardi di Kudus, Kamis (15/7/2021).

Lokasi RPH sendiri, kini telah dibersihkan oleh petugas. Mereka (petugas), kata Nardi, juga akan diberlakukan penerapa protokol kesehatan yang ketat.

Mulai dari dicek suhu sebelum memasuki RPH hingga diwajibkan memakai masker. Peraturan itu juga berlaku bagi para tamu di RPH.

Menambahkan, Kepala UPT Pusat Kesehatan Hewan dan RPH Anton Cahyono menjelaskan jika saat pemotongan hewan kurban di RPH nanti akan ada pembatasan jumlah petugas. Yakni maksimal hanya sepuluh orang saja untuk menghindari kerumunan.

“Masyarakat yang ingin memotongkan hewannya di RPH juga akan kami terapkan prokes, mereka yang hadir juga harus dibatasi,” ujarnya.

Diketahui, RPH modern yang ada di Desa Prambatan Kidul dilengkapi kandang dengan daya tampung 40 ekor ternak. Sementara untuk kapasitas pemotongan hewan ternak per harinya bisa mencapai sekitar 25 ekor.

RPH tersebut juga dilengkapi alat yang modern dan juga dilengkapi dengan instalasi pengolahan air limbah (IPAL).

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...