Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Diberi Kelonggaran, Desa Zona Hijau di Kudus Diizinkan Gelar Salat Iduladha dengan Prokes Ketat

Masjid Agung Kudus. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kudus memberi kelonggaran terhadap masjid-masjid di Kudus yang berada di desa zona hijau untuk menggelar salat Iduladha. Namun dengan sejumlah pembatasan dan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat.

“Salat Iduladha tetap ada, di desa-desa zona hijau. Dalam pelaksanaanya harus kondusif yang terpenting itu protokol kesehatan harus ketat. Seperti pengaturan jarak, mencuci tangan dan masker itu dipakai,” kata Plt Kepala Kemenag Kudus, Kamis (15/7/2021) pagi.

Hal tersebut berdasarkan pertimbangan yang saat ini kasus Covid-19 di Kudus sudah mulai melandai.

“Ini perkembangannya Covid-19 di Kudus kan sudah mulai membaik, di Kudus sudah mulai banyak yang (zona) hijau,” ujarnya.

Meski demikian, secara umum pihaknya tetap berpegang pada Surat Edaran Menteri Agama Nomor 17 Tahun 2021 di mana salah satu pointnya yakni penyelenggaraan Salat Idul Adha baik di masjid ataupun musala ditiadakan di seluruh Kabupaten atau Kota yang saat ini memberlakukan PPKM Darurat.

Kabupaten Kudus menjadi salah satu daerah yang diwajibkan mengeglar PPKM Darurat hingga 20 Juli 2021.

“Secara teori tetap kami mengimbau bisa mengikuti sesuai Edaran Menteri Agama (ditiadakan). Penekanannya tetap seperti SE 17,” ujarnya.

Menurutnya Masjid Agung Kudus sendiri, sebagai salah satu masjid yang akan menjadi percontohan. Di mana di Masjid Agung Kudus sementara waktu tidak menggelar salat Iduladha berjemaah.

“Masjid Agung jadi percontohan, salat Iduladha di sana ditiadakan,” ucapnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...