Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

400 Wajib Pajak Besar Kini Ditangani KPP Madya, Target Kantor Pajak Kudus Menyusut

Kepala KPP Pratama Kudus, Muhammad Andi Setijo Nugroho menggelar talkshow soal pajak, Rabu (14/7/2021). (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Target penerimaan pajak Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kudus tahun ini berubah. Hal ini karena adanya penyesuaian reorganisasi institusi, yang menyebabkan 400 wajib pajak (WP) tak lagi ditangani.

400 WP besar itu kini dikelola oleh KPP Madya Dua Semarang. Kebijakan itu diberlakukan sejak 23 Mei 2021 lalu.

Sehingga target penerimaan pajak yang sebelumnya ditetapkan sebesar Rp 2,3 triliun, kini menyusut jadi Rp 1,2 triliun.

Hingga Rabu (14/7/2021) hari ini, penerimaan pajak KPP Pratama Kudus sudah mencapai Rp 1,1 triliun. Realisasi itu di antaranya didapat dari pengawasan pembayaran masa, penagihan, pelaporan SPT Tahunan, dan lainnya.

“Saya kira capaian ini sudah bagus. Tapi kami tetap akan berupaya untuk bisa memenuhi target 100 persen,” kata Kepala KPP Pratama Kudus, Muhammad Andi Setijo Nugroho.

Andi melanjutkan, pihaknya juga berupaya untuk terus melakukan pengawasan dan penegakan hukum secara persuasif kepada wajib pajak. Seperti memberikan pelayanan terbaik dan tetap persuasif ketika ada permasalahan.

Andi melanjutkan, tingkat kepatuhan masyarakat terkait pajak saat ini sudah bagus. Salah satu contohnya penyampaian SPT Tahunan yang ketaatan masyarakat sudah mencapai 90 persen. Tetapi untuk kepatuhan tingkat bayar dirasa olehnya masih belum.

“Untuk itu kami mengimbau masyarakat untuk taat membayar pajak, karena 80 persen APBN itu didapatkan dari pajak,” tandasnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...