Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Catat! Besok Sore, Matahari Tepat Di Atas Kakbah

Ilustrasi matahari di atas kakbah. (galamediaanews.com)

MURIANEWS, Jakarta – Matahari berada tepat di atas Kakbah, pada Kamis (15/7/2021) sore. Momentum ini biasanya digunakan untuk meluruskan arah kiblat. Fenomena ini dapat menjadi acuan untuk memeriksa kembali posisi arah kiblat bagi umat Islam dunia.

Seperti dilansir, detik.com, pada momen itu, sumbu rotasi bumi miring 66,6 derajat dari orbit bumi. Dari momen itu, maka terjadi pergerakan semu tahunan, di mana matahari lewat tepat di atas kakbah dua kali setahun. Momen itu, adalah 27 Mei 2021 dan 15 Juli 2021.

“Fenomena ini merupakan yang kedua kalinya setelah sebelumnya terjadi pada 27 Mei,” kata peneliti LAPAN, Andi Pangerang dikutip dari situs resmi LAPAN, Rabu (14/7/2021).

Menurut Andi Pangerang, momen itu terjadi pada pukul 09.26 waktu Arab Saudi, atau pukul 16.26 WIB, 17.26 WITA, dan 18.26 WIT.

Dengan memanfaatkan ini, akan memudahkan umat Islam untuk meluruskan arah kiblat, hasilnya pun akurat. Asalkan, lanjut Andi, cahaya matahari tidak terhalang awan.

“Cukup dengan melihat bayangan dari tiang atau tongkat yang tegak lurus. Arah kiblat adalah arah bayangan menuju ujung tiang/tongkat itu,” kata Andi.

Untuk wilayah Indonesia Timur, tentu sudah terlalu malam untuk mengukurnya. Jangan khawatir, akan ada waktunya dengan cara mengukur titik nadir matahari (kebalikan titik kulminasi) yaitu pada 29 November 2021 pukul 06.09 WIT dan 14 Januari 2022 pukul 06.30 WIT mendatang.

 

Penulis: Zulkifli Fahmi
Editor: Zulkifli Fahmi
Sumber: detik.com

Comments
Loading...