Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Vaksin Booster untuk Nakes di Pati Masih Tunggu Petunjuk dari Pusat

Salah seorang nakes di Pati disuntik vaksin dosis pertama, beberapa waktu lalu. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Amerika Serikat telah mengirimkan sebanyak tiga juta dosis vaksin Moderna pada Minggu (11/7/2021). Vaksin tersebut, rencananya akan diprioritaskan sebagai vaksin booster atau suntikan dosis ketiga bagi tenaga kesehatan (nakes).

Kelompokk ini menjadi yang cukup rentan terpapar Covid-19, lantaran sering berinteraksi dengan pasien yang terkonfirmasi positif.

Namun, untuk rencana penyuntikan sendiri, hingga saat ini belum ada kepastian. Bahkan yang ada di daerah, seperti di Kabupaten Pati, belum mendapatkan petunjuk terkait vaksinasi tahap tiga tersebut.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit pada Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Pati Joko Leksono Widodo menyebut, pihaknya belum mendapatkan petunjuk pelaksanaan vaksinasi tahap tiga tersebut.

“Belum ada petunjuk dari pusat. Kalau sudah, nanti langsung bergerak,” katanya saat dikonfirmasi, Selasa (14/7/2021).

Terkait jumlah vial vaksin Moderna yang akan dikirimkan ke Pati, ia mengaku juga belum mendapatkan informasi terkait hal tersebut. Rencana pengirimannya pun belum diketahui secara pasti.

Kendati demikian, pihaknya tetap akan mempersiapkan data nakes yang nantinya akan dilakukan vaksinasi tahap tiga tersebut. Prioritasnya adalah nakes yang sudah melakukan vaksinasi tahap pertama dan kedua.

“Informasinya kan ini untuk nakes. Jadi yang kami prioritaskan, ya yang sebelumnya sudah divaksin pertama dan kedua,” imbuhnya.

Sementara dari data yang diberikan, semula sasaran nakes vaksinasi ada sebanyak 6.278 orang. Tetapi setelah dilakukan vaksin, rupanya antusiame mereka meningkat. Untuk yang mengikuti vaksin dosis pertama ada sebanyak 6.872 nakes sedangkan dosis kedua sebanyak 6.476 nakes.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...