Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Belum Ada Alokasi Tambahan Elpiji Bersubsidi untuk Kudus Jelang Iduladha

Tumpukan gas elpiji di pangkalan Pertamina. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Kudus – Pangkalan elpiji di Kabupaten Kudus diinstruksikan untuk tidak mendistribusikan secara jor-joran gas elpiji bersubsidi 3 kilogram pada para pengecer untuk sementara waktu.

Mereka diminta untuk memprioritaskan konsumen rumah tangga untuk mengantisipasi lonjakan permintaan menjelang Hari Raya Iduladha 20 Juli 2021 mendatang dan sesudahnya.

“Karena sampai saat ini belum ada penambahan alokasi bagi Kabupaten Kudus,” ucap Kepala Bidang Fasilitasi Perdagangan, Promosi dan Perlindungan Konsumen Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus Imam Prayitno di Kudus, Selasa (13/7/2021).

Walau demikian, pihaknya memastikan jika pendistribusiannya terbilang masih lancar dan tidak ada keluhan dari masyarakat. Permintaan pun cenderung stabil dan belum alami kenaikan.

Kondisi tersebut, cukup berbanding terbalik dibanding tahun-tahun sebelumnya. Di mana permintaan akan selalu naik karena banyaknya kegiatan ataupun hajatan yang dilakukan oleh masyarakat.

“Ini mungkin karena adanya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Kan tidak ada hajatan juga di masyarakat, warung-warung kami kira juga menurunkan intensitas masaknya, sehingga berpengaruh pada permintaan,” ujarnya.

Untuk diketahui, pada tahun ini Kabupaten Kudus menerima alokasi elpiji 3 kg sebanyak 9,32 juta tabung. Dengan rata-rata penyaluran per bulannya sebanyak 776.694 tabung.

Elpiji yang beredar di masyarakat tidak hanya ukuran 3 kilogram saja. Namun ada juga elpiji nonsubsidi dengan ukuran 12 kilogram dan 5,5 kg.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...