Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Tren Penularan Covid-19 di Kudus Mulai Menurun, Kasus Aktif Tinggal 530 Orang

Dua orang nakes tengah beristirahat di selasar IGD RSUD Loekmono Hadi Kudus. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Jumlah akumulasi kasus Covid-19 di Kabupaten Kudus sejak pandemi berlangsung kini berada di angka 15.381 orang. Dari jumlah tersebut, sudah ada sebanyak 13.605 orang yang telah dinyatakan sembuh.

Kemudian untuk jumlah pasien meninggal kini berada di angka 1.246 orang dan untuk pasien aktif kini berada di angka 530 orang di mana 138 di antaranya merupakan pasien dirawat dan 392 sisanya adalah pasien isolasi mandiri.

Jumlah pasien aktif terus mengalami penurunan, di mana sebelumnya mencapsi angka dua ribu lebih, baik yang dirawat maupun isolasi mandiri.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus Badai Ismoyo mengungkapkan jika tren penularan Covid-19 di Kabupaten Kudus mulai mengalami penurunan. Walau memang, penambahan pasien aktif masih terjadi di tiap harinya.

“Namun kabar baiknya adalah jumlah pasien sembuh per harinya juga semakin meningkat. Jumlahnya juga selalu melebihi penambahan pasien baru, sehingga menurunkan kasus aktif,” ucap Badai, Selasa (13/7/2021).

Per Senin (12/7/2021) malam sendiri, angka kesembuhan pasien Covid-19 di Kudus telah mencapai 88 persen. Jumlah tersebut selalu naik di tiap harinya sejak akhir Juni lalu di mana persentase saat itu hanya 76 persen saja.

Kenaikan pada persentase pasien sembuh dibarengi dengan turunnya angka kematian pasien Covid-19 di Kabupaten Kudus. Persentasenya pun kini berada di angka 8,10 persen. Jauh turun dibanding titik tertingginya yakni 8,24 persen di awal bulan ini.

“Sementara untuk pasien aktif memang masih fluktuatif ya, namun untuk trennya masih tetap menurun, di enam hari terakhir kami juga mencatat penambahannya selalu di bawah seratus,” kata Badai.

Walau demikian, pihaknya berharap masyarakat Kudus tetap patuh akan penerapan protokol kesehatan 5M. Yakni mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

“Karena untuk menghentikan penularan virus ini butuh upaya bersama dari semua elemen di masyarakat,” jelas dia.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...