Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kudus Berharap Segera Dapat Tambahan Vaksin, Bupati: Animo Masyarakat Sudah Tinggi

vaksinasi Covid bagi pedagang di Pasar Jekulo beberapa waktu lalu. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus berharap segera mendapat tambahan vaksin Covid-19. Hal ini menyusul tingginya minat masyarakat yang ingin melakukan vaksinasi.

“Animonya sudah tinggi, stakeholder juga banyak yang telah siap untuk memfasilitasi. Tapi vaksinnya ini yang belum ada,” kata Bupati Kudus HM Hartopo, Senin (12/7/2021).

Walau demikian, lanjut dia, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo telah menginstruksikan kepada Dinas Kesehatan Provinsi Jateng untuk membagikan sisa dosis vaksin milik TNI. Jumlahnya, ada sekitar 15 hingga 18 ribu dosis. “Namun kami belum tahu nanti dapat berapa,” ujarnya.

Kabupaten Kudus sendiri, kata dia, telah mengajukan tambahan sebanyak 70 ribu dosis vaksin. Namun hingga kini baru beberapa persen saja yang telah diberikan.

“Terakhir didroping kemarin tanggal tujuh ada sekitar 900 dosis. Itu langsung disuntikkan untuk dosis kedua, sementara yang dosis pertama ini kita yang belum ada,” jelas Hartopo.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus Badai Ismoyo menyampaikan, hingga Minggu (11/7/2021) kemarin, capaian vaksinasi di Kabupaten Kudus telah mencapai 20 persen pada dosis pertama. Atau sebanyak 135.718 orang dari total target sebesar 664.666 orang.

Kemudian pada dosis kedua, baru mencapai 6 persen atau sebanyak 42.878 orang.

“Kami terus mengupayakan vaksinasi di Kudus, termasuk pengoptimalan faskes-faskes kami untuk mengejar target vaksinasi,” jelas Badai.

Untuk diketahui, jumlah tersebut merupakan jumlah gabungan dari lima kategori prioritas vaksinasi di Kabupaten Kudus. Yakni tenaga kesehatan, pelayan publik, lansia, masyarakat rentan, dan masyarakat umum.

Untuk nakes, pada dosis pertama telah mencapai 90 persen dan dosis kedua mencapai 90 persen. Kemudian untuk pelayanan publik, untuk dosis satu ada sebanyak 63 persen dan dan dosis kedua sebanyak 40 persen.

Kemudian untuk lansia pada dosis pertama sudah ada sebanyak 24 persen dan dosis kedua sebanyak 13 persen.

Sementara untuk golongan masyarakat rentan, untuk dosis satu sudah ada sebanyak 2 persen dan dosis dua ada sebanyak 1 persen. Untuk masyarakat umum sendiri, pada dosis satu ada sebanyak 18 persen dan 1 persen di dosis kedua.

Kabupaten Kudus juga telah menyuntikkan vaksin dosis satu pada kategori anak usaia 12-17 tahun yakni sebanyak 758 anak.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...