Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Penerima BST dan PKH di Pati Bakal Diberi Tambahan Beras 10 Kilogram

Pekerja di Gudang Bulog pati melakukan pengemasan beras untuk didistribusikan ke KPM. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang mendapatkan Bantuan Sosial Tunai (BST) dan Program Keluarga Harapan (PKH), bakal mendapatkan tambahan bantuan beras sebanyak 10 kilogram. Bahkan saat ini, Bulog Subdivre II Pati sudah menyiapkan beras untuk disalurkan kepada penerima.

Kepala Bulog Subdivre II Pati Yonas Haryadi Kurniawan mengatakan, saat ini para pekerja di gudang telah mengemas beras dengan ukuran 10 kilogram untuk disalurkan kepada KPM BST dan PKH. Namun, untuk penyalurannya, masih menunggu petunjuk teknis dari kementerian terkait.

“Kami sudah berkoordinasi dengan dinas yang ada di lima kabupaten se ek-Karesidenan Pati, mereka juga belum mendapatkan petunjuk teknis penyaluran. Sehingga kami lakukan pengemasan terlebih dahulu,” katanya saat dikonfirmasi, Senin (12/7/2021).

Ia menambahkan, untuk Bulog Subdivre II Pati sendiri membawahi lima kabupaten, yakni Pati, Kudus, Jepara, Rembang, dan Blora. Sedangkan untuk total stok beras yang sudah tercatat untuk bantuan di lima kabupaten tersebut sebanyak 3.000 ton beras.

“Kalau 3.000 ton, berarti ada 300 ribu KPM yang akan mendapatkan bantuan beras ini. Itu tidak hanya di Pati, tetapi di lima kabupaten yang kami lingkupi,” ujarnya.

Sementara stok yang ada di gudang sendiri, saat ini mencapai 20 ribu ton, sehingga posisinya masih aman untuk beberapa bulan ke depan.

Pihaknya juga tidak bisa memastikan apakah bantuan beras 10 kilogram tersebut akan berlanjut atau hanya selama PPKM Darurat. Sebab, secara teknis Bulog hanya ditunjuk untuk pengadaan dan penyalurannya.

“Yang penting kami pastikan kalau untuk stok beras masih aman. Kalau pun bantuannya berlanjut, kami pastikan juga aman,” terangnya.

Sedangkan untuk beras yang akan disalurkan sendiri adalah beras dengan kategori medium yang layak dikonsumsi oleh masyarakat.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...