Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Argentina Kini Sejajar Dengan Uruguay, 15 Kali Juara Copa Amerika !!

Lionel Messi mengangkat trophy Copa Amerika. Lalu berapa hadiah yang akan diterima Argentina?.(instagram/@afaseleccion)

MURIANEWS, Rio de Jeneiro- Tim Nasional Argentina akhirnya menjadi Juara Copa America 2021! Mereka mengambil gelar tersebut dari juara bertahan Brasil, dalam pertandingan final yang berlangsung di Stadion Maracana, Brasil, Minggu (11/7/2021) pagi WIB.

Gol indah dari Angel Di Maria, di menit ke-22 babak pertama, membuat Argentina tak tertahan untuk keluar menjadi juara. Ini adalah gelar Juara Copa Amerika ke-15 bagi Argentina.

Jumlah ini membuat Argentina menyamai jumlah gelar Copa Amerika yang direbut oleh Urugay sejauh ini. Kini, Albiceleste adalah juara terbesar, bersama Uruguay. Sedangkan Tim Brasil yang gagal mempertahankan gelar, baru merebut 9 gelar juara.

Trophy yang direbut oleh Albiceleste ini juga menandai berakhirnya penantian panjang mereka selama 28 tahun tanpa gelar. Piala terakhir mereka sejauh ini adalah Copa America pada 1993.

Sedangkan bagi bintang besar Argentina, Lionel Messi, gelar ini bagaikan setitik air di tengah gurun. Lionel Messi dengan segala kehebatan yang dimilikinya, sejauh ini belum pernah meraih gelar bersama Tim Nasional Argentina.

Penantian Lionel Messi untuk gelar pertama bersama timnas Argentina akhirnya berakhir. Sejak memperkuat Tim Nasional Argentina, Messi tiga kali membawa Argentina ke Final Copa Amerika.

Pada tahun 2007, 2015 dan 2016, Messi bermain di Final Copa Amerika, namun semuanya berakhir dengan kegagalan menjadi juara. Di Piala Dunia 2014 Messi juga melengkapi kegagalan dengan mengalami kekalahan 0-1 dari Jerman.

Messi mengalami kekalahan dari Jerman di Piala Dunia 2014 di Stadion Maracana. Namun dalam Final Copa 2021 di stadion yang sama, Minggu (11/7/2021), Messi akhirnya berhasil mengangkat Piala bersama Argentina.

Pada Copa Amerika 2021 ini, Argentina adalah juara tak terkalahkan. Di babak penyisihan grup, mereka meraih tiga kemenangan dan satu hasil imbang. Di perempat final, mereka dengan mudah melewati Ekuador, 3-0.

Di semifinal, mereka sempat ‘tersedak’ namun akhirnya berhasil menang dengan adu penalti atas Kolombia. Tim yang dipimpin oleh Lionel Scaloni mencetak 12 gol, sama dengan yang dicetak Brasil, dengan jumlah kemasukan juga sama-sama tiga gol.

Bagi Brasil sendiri, ini adalah pertama kalinya dalam sejarah, mereka tidak mampu merebut gelar Copa América dalam statusnya sebagai tuan rumah. Brasil beberapa kali menjadi juara Copa Amerika pada saat sekaligus menjadi tuan rumah.

Copa Amerika sendiri digelar di Brasil pada 1919, 1922, 1949, 1989 dan 2019. Brasil di edisi itu mampu merebut gelar juara. Pada tahun ini, sebenarnya Brasil tidak menjadi tuan rumah. Menyusul Argentina dan Kolombia mundur sebagai tuan rumah akibat pandemic covid 19, Brasil akhirnya menawarkan diri sebagai tuan rumah.

Tim Brasil dan Argentina dipastikan akan kembali bertanding dalam persaingan mereka di Kualifikasi Piala Dunia. Kurang dari dua bulan mendatang, mereka sudah akan kembali bermain. Argentina akan menghadapi Venezuela dan Bolivia. Sementara Brasil akan menghadapi Chili dan Peru.

Penulis: Budi erje
Editor: Budi erje
Sumber: Globo.com

Comments
Loading...