Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Inggris Masih Jauh Dibanding Italia, Southgate Bisa Memahaminya

Pelatih Inggris Gareth Southgate menyadari timnya masih jauh ‘tertinggal’ dari Italia. (instagram/@england)

MURIANEWS, Roma- Pelatih Inggris Gareth Southgate mengakui Inggris ‘membutuhkan jalan panjang’ sebelum bisa dianggap sebagai negara sepak bila seperti halnya Italia. Pernyataan ini disampaikan Southgate menjelang Final Euro 2020, Jum’at (9/7/2021).

Italia akan berhadapan dengan Inggris di Stadion Wembley, Minggu (11/7/2021) malam, atau Senin (12/7/2021) dinihari WIB. Pertandingan ini, menurut Southgate akan menjadi pengalaman langka bagi Tim Nasional Inggris.

Inggris akan menjalani pertandingan Final Euro 2020, yang merupakan moment terbesar mereka sejak 1966. Karena sejak itu Inggris tidak pernah lagi mendapatkan gelar internasional.

“Saya telah mengamati mereka dengan cermat selama dua tahun dan mengetahui persis pekerjaan yang dilakukan Roberto (Mancini). Kami tahu kekecewaan mereka karena tidak lolos ke Piala Dunia (2018), Italia adalah negara sepakbola yang luar biasa,” ujar Gareth Southgate, Jum’at (9/7/2021).

“Sejauh ini mereka sudah mencapai 12 semifinal dan 10 final. Dibandingkan dengan kami, itu rekor yang luar biasa. Perjalanan kami masih panjang sebelum bisa dianggap sebagai negara sepakbola seperti Italia,” ujarnya menegaskan.

Tepat pada 9 Juli 2021, Italia merayakan keberhasilan mereka meraih gelar Piala Dunia pada 2006 lalu. Tepat 15 tahun lalu, mereka meraih gelar dunia, dan hingga saat ini belum bisa mereka raih lagi.

Di Euro, Italia juga baru berhasil meraih satu gelar pada 1968. Sejak itu Italia sempat mencapai final masing-masing pada 2000 dan 2012. Tanpa satupun menelurkan gelar juara.

Sedangkan Inggris, Final Euro 2020 ini adalah yang pertama bisa mereka jangkau. Inggris hanya mampu sampai semifinal pada edisi sebelumnya. Termasuk di ajang Piala Dunia, sejak mereka juara pada 1966.

Sejak gagal lolis di Piala Dunia 2018 lalu, Mancini telah berhasil merubah Italia menjadi sebuah tim kuat. Azzurri memenangkan semua 10 pertandingan di babak kualifikasi, mencapai Final Four Nations League dan mencatatkan 33 pertandingan tak terkalahkan, sampai saat ini.

“Mereka memiliki cara bermain yang sangat jelas, semangat yang hebat, energi yang hebat. Secara taktik, seperti semua tim Italia, mereka sangat bagus. Tapi gaya bermainnya juga sangat berbeda ketika saya masih muda, sangat modern,” kata Southgate memberi penilaian.

Inggris sendiri belum pernah mengalahkan Italia di turnamen besar sebelumnya. Mereka mengalami kekalahan di empat pertemuan sebelumnya. Siapa yang akan menang di Final Euro 2020 ini, masih belum jelas.

“Jadi ini adalah tim yang luar biasa. Dan kita sepertinya memiliki dua tim terbaik di Final turnamen ini. Siapapun yang berkinerja baik pada pertandingan itu, akan menjadi pemenangnya,” tutup Southgate.

Penulis: Budi erje
Editor: Budi erje
Sumber: Football-Italia

 

 

Comments
Loading...