Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Berang Ada Ambulans Dilempar Batu, Kapolresta Solo: Akan Kami Tindak Tegas

Kapolresta Solo Kombes Pol, Ade Rifai Simanjuntak (Solopos.com/Ichsan Kholif Rahman)

MURIANEWS, Solo — Pelemparan batu oleh orang tak dikenal terhadap ambulans milik PC Muhammadiyah Klaten Jumat (9/7/2021) dini hari membuat Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak berang.

Orang nomor satu di Mapolresta Solo itu pun menegaskan bakal menindak tegas pelaku. Apalagi ambulans merupakan kendaraan prioritas yang sudah diatur dalam perundang-undangan.

“UU Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan menyebutkan beberapa kendaraan memperoleh prioritas penggunaan jalan. Di antaranya adalah ambulans dan pemadam kebakaran. Karena itu akan kita tindak tegas,” katanya seperti dikutip Solopos.com.

Hal itu harus dipatuhi karena merupakan undang-undang. Jika kendaraan prioritas melintas, menyalakan sirene dan rotator, maka pengguna jalan wajib memprioritaskan mereka.

“Para pengguna jalan wajib hukumnya memberikan kesempatan mobil prioritas melintas di jalur itu. Memberi kesempatan mendahului,” papar dia.

Pada saat ini, masyarakat kerap melihat ambulans dan mobil penanganan bencana berlalu lalang. Ia meminta masyarakat untuk memahami kerja bersama di tengah pandemi.

“Jangan ada yang melanggar hukum. Kami pastikan kami tindak tegas. Siapa saja yang menghalangi laju kendaraan prioritas kami tindak tegas,” imbuh dia.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Comments
Loading...