Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Singapura Kirim Ratusan APD dan Ventilator untuk Penanganan Covid-19 Indonesia

Bantuan medis penanggulangan Covid-19 dari Singapura untuk Indonesia. (Istimewa)

MURIANEWS, Jakarta – Usai Australia, kini Singapura mengirim ratusan alat pelindung diri (APD), ventilator dan sejumlah alat medis lainnya untuk penanganan Covid-19 di Indonesia. Menteri luar Negeri Singapura, Vivian Balakhrisnan mengatakan selain APD dan ventilator, pihaknya juga mengirim tabung oksigen, serta konsentrat oksigen.

Bantuan medis itu diangkut menggunakan pesawat militer Lockheed C-130 milik Angkatan Udara Singapura. Sedangkan, bantuan tabung oksigen dan konsentrat oksigen dibawa menggunakan jalur laut dengan kapal pendarat tank milik Angkatan Laut Singapura.

“Pagi ini saya melakukan serah terima bantuan medis Covid-19 kepada Duta Besar Indonesia, Suryo Pratomo, di Pangkalan Udara Paya Lebar, didampingi oleh perwakilan Kementerian Pertahanan Singapura,” tulis Vivian melalui akun Facebook, seperti dilansir CNNIndonesia, Jumat (9/7/2021).

Vivian berharap bantuan itu bisa digunakan oleh para petugas yang berada di garda terdepan penanganan krisis Covid-19 di Indonesia.

Menurut Kementerian Luar Negeri Indonesia, rincian bantuan yang dikirimkan oleh Singapura adalah 200 ventilator, 256 tabung oksigen kosong kapasitas 50 liter, masker, sarung tangan, APD, tutup kepala dan alat kesehatan lainnya.

Selain itu, Pemerintah Indonesia juga melakukan pengadaan secara mandiri (pembelian) dari Singapura berupa 10 ribu unit konsentrat oksigen. Saat ini 30 unit sudah sampai di tanah air.

Selain bantuan Singapura, Kemenlu menyatakan hari ini juga bantuan seribu ventilator dari Australia akan tiba di tanah air.

Kemenlu menyatakan ada sejumlah negara yang siap memberi bantuan kepada Indonesia, yaitu Amerika Serikat, Belanda, Australia, Jepang, Inggris, Singapura, Uni Emirat Arab, India, China dan sejumlah lembaga internasional lain.

Jumlah kasus harian positif virus corona (Covid-19) di Indonesia pada Kamis (8/7) kemarin menyalip India dan kembali naik ke posisi kedua terbesar di dunia.

Menurut data yang dipaparkan Worldometer, Jumat (9/7), penambahan kasus infeksi harian Covid-19 di Indonesia kemarin mencapai 38.391 orang. Hal itu membuat total keseluruhan kasus Covid-19 di Indonesia menjadi 2.417.788 orang. Dari jumlah tersebut, 1.994.573 pasien dinyatakan sembuh (bertambah 21.185) dan 63.760 meninggal (bertambah 852).

 

Penulis: Zulkifli Fahmi
Editor: Zulkifli Fahmi
Sumber: CNNIndonesia

Comments
Loading...