Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Sosialisasi Hingga Tingkat RT, Rembang Genjot Vaksinasi Covid-19

Tenaga kesehatan (nakes) menyuntikkan vaksin Covid-19. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Rembang – Kabupaten Rembang hingga saat ini terus melakukan percepatan vaksinasi kepada masyarakat umum dan rentan. bahkan sosialisasi untuk vaksinasi tersebut sudah dilakukan hingga ke tingkat desa dan rukun Tetangga (RT).

“Kami selalu memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar berkenan untuk divaksin. Karena vaksin ini dapat menambah kekebalan tubuh, sehingga tidak mudah terserang virus,” kata Kepala Dinas Kesehatan (DKK) Kabupaten Rembang Ali Syafi`i mengatakan, Jumat (9/7/2021).

Dia menambahkan, untuk saat ini target vaksinasi setiap kategori memang berbeda. Sesuai dengan data yang masuk di kantornya, sasaran pertama kali yang dilakukan vaksinasi adalah Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK).

Targetnya untuk SDMK adalah sebanyak 2.488 orang. Yang melakukan vaksinasi dosis pertama tercatat sebanyak 2.358 orang atau 94,77 persen. Sedangkan pada pemberian dosis kedua ada sebanyak 2.472 orang atau 99,36 persen.

Sasaran selanjutnya adalah pelayan publik dengan target 39.232 orang. Pada pemberian dosis pertama, tercatat ada 28.191 orang atau 71,86 persen, kemudian pada pemberian dosis kedua sebanyak 17.839 orang atau 45,47 persen.

“Padahal untuk vaksinasi ini harus dilakukan dengan dua dosis, jadi tidak hanya cukup dengan satu dosis saja. Kalau dosis pertama sudah disuntikkan, maka menunggu hingga 14 hari lebih untuk penyuntikan dosis kedua,” ujarnya.

Kemudian untuk masyarakat kategori lanjut usia (Lansia), pihaknya menargetkan ada 62.544 orang yang harus dilakukan vaksinasi. Namun, dari total tersebut, capaiannya juga masih cukup kurang.

Pada pemberian dosis pertama,hanya ada 22.220 lansia atau 35,53 persen. Sedangkan pada saat pemberian dosis kedua, jumlahnya malah menurun, yakni hanya 12.204 orang atau 9,51 persen.

Selanjutnya adalah vaksinasi untuk masyarakat umum, hingga Kamis (8/7/2021) kemarin, tercatat sudah ada 27.890 orang yang sudah melakukan vaksin, kemudian pada dosis kedua hanya ada 3.206 orang. Sedangkan untuk masyarakat rentan sudah ada sebanyak 2.124 orang yang melakukan vaksinasi dosis pertama, kemudian pada dosis kedua hanya ada 225 orang saja.

“Untuk masyarakat umum dan rentan ini, kami memang menargetkan sebanyak-banyaknya (belum ada patokan target). Sebab, vaksinasi ini kan sudah diwajibkan oleh pemerintah, sehingga kami juga harus siap untuk memvaksin mereka,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...